Yuk Ketahui, 4 Jenis Peci yang Eksis di Indonesia

Andaru Danurdana, Jurnalis · Sabtu 26 Juni 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 26 614 2431262 yuk-ketahui-4-jenis-peci-yang-eksis-di-indonesia-53uaKVHiNU.jpg Ilustrasi jenis-jenis peci di Indonesia. (Foto: Okezone)

SELAIN baju koko dan sarung, belum afdol rasanya bagi laki-laki Muslim Indonesia bila tak memakai peci saat ibadah di Masjid. Peci atau terkadang disebut juga kopiah adalah penutup kepala yang seringkali digunakan Muslim dalam melengkapi busananya; baik dalam rangka beribadah, berbusana kasual, maupun berpakaian formal.

Ternyata peci yang eksis di Indonesia tidak hanya satu-dua model. Sama seperti busana Muslim, peci pun berkembang di berbagai negara dengan budaya berbeda.

Baca juga: Mengenal Budaya Peci Betawi, Kenapa identik Berwarna Merah? 

Berbagai jenis penutup kepala itu pun diadopsi oleh masyarakat Indonesia dan dilebur menjadi budaya setempat.

Berikut ini jenis-jenis peci yang paling sering dijumpai di kalangan laki-laki Muslim Indonesia, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

1. Songkok

Songkok adalah kopiah hitam yang paling sering dijumpai di Indonesia, terutama di acara formal kenegaraan. Populer di negara Islam Melayu, songkok datang dari penutup kepala yang dipakai di Ottoman Turki dan sudah menjadi bagian dari pakaian adat Indonesia, Malaysia, dan Brunei.

Peci songkok. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

Baca juga: Peci Khas Aceh Laris Manis saat Ramadhan, Omzet Pedagang Naik 100% 

2. Fez

Fez adalah jenis peci dari Turki yang sering dijumpai di beberapa daerah pendatang Muslim di Indonesia. Biasanya warna merah menjadi ciri khas fez yang terletak di bagian tengah topi dan memiliki tonjolan atau surai yang biasanya berwarna hitam. Fez merupakan cikal dari songkok asal Melayu.

Peci fez. (Foto: Wikiwand)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Kupiah

Selain songkok, daerah Aceh pun memiliki penutup kepala khasnya sendiri. Terbagi menjadi dua, kupiah meukeutob dan kupiah riman, model penutup kepala ini bisa dikenakan dalam pakaian sehari-hari maupun acara khusus.

Pada masa kesultanan Aceh, kupiah meukeutob biasanya dipakai oleh sultan dan para ulama. Sedangkan kupiah riman dipakai bangsawan dan rakyat biasa.

Peci kupiah. (Foto: Wikiwand)

Baca juga: Viral Remaja Mabuk Hina Nabi Muhammad SAW, Ustaz Yusuf Mansur: Teguran untuk Semua Agar Lebih Memperhatikan Anak 

4. Takiyah

Takiyah adalah penutup kepala bundar yang memiliki beragam bentuk dan motif. Takiyah biasanya terbuat dari kain tipis yang memungkinkannya untuk dilipat kecil sehingga praktis dibawa ke mana saja. Takiyah ini yang biasanya disebut orang Indonesia sebagai peci.

Peci takiyah. (Foto: Wikiwand)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya