5 Masjid Terunik di Indonesia, Cocok Buat Wisata Religi yang Instagramable

Ahmad Haidir, Jurnalis · Minggu 27 Juni 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 27 615 2431537 5-masjid-terunik-di-indonesia-cocok-buat-wisata-religi-yang-instagramable-vvy0vTmGjK.jpg Masjid Islamic Center Samarinda salah satu masjid terunik di Indonesia. (Foto: Kemenag.go.id)

SEBAGAI negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia, Indonesia pastinya memiliki banyak masjid. Jumlahnya sangat banyak, bahkan mungkin tidak terhitung.

Namun selain sebagai tempat ibadah, masjid juga dapat menjadi destinasi wisata religi bagi yang ingin mempelajari ajaran dan budaya agama Islam, atau sekadar melihat arsitektur dan bangunan masjidnya.

Membahas mengenai bangunan masjid, beberapa masjid di Indonesia memiliki arsitektur yang unik dan menjadi daya tarik bagi kaum Muslimin untuk berkunjung.

Apa saja masjid tersebut? Berikut MNC Portal rangkum deretan masjid dengan arsitektur terunik di Indonesia yang cocok untuk wisata religi Instagramable.

Baca juga: Wajib Disinggahi, 5 Masjid Unik nan Indah di Jakarta Selain Istiqlal 

1. Masjid Raya Sumatera Barat

Ada Masjid Raya Provinsi Sumatera Barat yang harus kamu kunjungi untuk dapat melihat bangunan masjid yang memiliki arsitektur unik. Tidak seperti kebanyakan masjid pada umumnya, Masjid Raya Sumatera Barat tidak memiliki kubah, melainkan beratap rumah khas Minangkabau dengan eksterior atapnya berupa kain songket dan kaligrafi. Sangat unik dan memiliki corak khas Padang.

Adapun bangunan atap masjid tersebut dibuat demikian dilandasi pepatah adat masyarakat Sumatera Barat yang berasal dari kebudayaan minang yaitu "Adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah", yang memiliki arti 'Adat bersendikan kepada agama dan agama bersendikan Kitabullah atau Alquran'. Sebuah akulturasi budaya yang menakjubkan.

Masjid Raya Sumatera Barat di Padang. (Foto: Dewi Kania/Okezone)

Baca juga: Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid Lengkap dengan Keutamaannya 

2. Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

Jikalau sedang berkunjung atau berwisata ke Riau, pastikan kamu berkunjung ke Masjid termegah di Kepualauan Riau ini. Terletak di Jalan Hangtuah Ujung, Sumahilang, masjid yang diresmikan pertama kali pada 19 Oktober 1968 ini memiliki arsitektur yang banyak mengadopsi gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab, hingga India.

Tidak heran masjid seluas 12 hektare ini juga disebut-sebut sebagai "Taj Mahal-nya" Riau karena memiliki arsitektur serta bentuk bangunan yang hampir mirip dengan masjid asal India tersebut.

Masjid An-Nur Pekanbaru. (Foto: Travelingyuk.com)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Masjid Terapung di Makassar

Masjid ini sesungguhnya memiliki nama asli yaitu Masjid Amirul Mukminin. Nama "Masjid Terapung" adalah julukan yang diberikan oleh warga Makassar karena bangunannya yang berada di lepas pantai, tepatnya di timur laut Pantai Losari, sehingga tampak masjid terapung di atas laut.

Untuk bangunannya memiliki warna dominan putih berpadu abu-abu, terkesan hangat dan nyaman. Adapun angin laut yang bebas keluar masuk didalam masjid memberikan sensasi tersendiri yang tidak dapat ditemukan di masjid lain.

Bagi yang berwisata di Pantai Losari, jangan sampai lupa mengunjungi masjid ini karena menawarkan kenyamanan suasana serta bangunan yang menarik untuk dijadikan spot foto.

Masjid Terapung Makassar.

Baca juga: Milad Ke-494 Jakarta, Yuk Ketahui Masjid-Masjid Bersejarah di Ibu Kota 

4. Masjid Islamic Centre Samarinda

Di Kalimantan, tepatnya di Kota Samarinda, terdapat bangunan masjid dengan arsitektur unik yang sangat layak dikunjungi. Adalah Masjid Islamic Center Samarinda (MICS) yang juga menjadi ikon dari ibu kota Provinsi Kalimantan Timur tersebut.

Memiliki luas bangunan utama mencapai hampir 44 hektare, masjid ini disebut-sebut sebagai masjid terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Masjid ini memiliki total 7 menara dengan menara utamanya yang setinggi 99 meter.

Selain luas dan besar, dinding luar menara Masjid Islamic Centre Samarinda dikelilingi lafaz Asmaul Husna yang dilapisi batu granit dengan teknik pembuatan water jet. Keindahan masjid ini makin lengkap dengan cantiknya panorama tepi Sungai Mahakam yang bisa disaksikan oleh pengunjung dari menara masjid.

Usut punya usut, menara masjid ini terinspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah. Sementara kubahnya terilhami dari Masjid Haghia Sophia di Istanbul, Turki.

Masjid Islamic Center Samarinda. (Foto: Mister Aladin)

5. Masjid Al Irsyad Bandung

Ini merupakan salah satu masjid dengan arsitektur terunik di Indonesia. Bagaimana tidak, bangunan Masjid Al Irsyad Bandung memiliki sentuhan arsitektur yang sangat modern, bahkan futuristic, yang telah menyabet beberapa penghargaan bergengsi tingkat dunia.

Desain masjid ini pada dasarnya dirancang mirip Kakbah sehingga bangunannya dari luar tampak berbentuk persegi. Warna dasarnya abu-abu dengan penataan batu bata yang disusun berbentuk lubang.

Masjid Al Irsyad Bandung tidak memiliki tiang atau pilar di tengah yang biasa digunakan untuk menopang kubah masjid, sehingga masjid ini terasa begitu luas dari dalam. Di potret dari dalam ataupun luar, masjid yang diarsiteki oleh Ridwan Kamil ini menjanjikan spot foto yang Instagramable.

Baca juga: 5 Keistimewaan Masjid Istiqlal, Pintu Gerbang Bermakna 7 Lapis Langit 

Masjid Al Irsyad Bandung. (Foto: Wordpress)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya