Matahari Melintas di Atas Kakbah 15-16 Juli, Ayo Sesuaikan Arah Kiblat

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 614 2439947 matahari-melintas-di-atas-kakbah-15-16-juli-ayo-sesuaikan-arah-kiblat-PBLmkdlu0N.jpg Matahari di atas Kakbah. (Foto: Kemenag/Ilustrasi)

MATAHARI di atas Kakbah sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus dimana saja akan mengarah lurus ke Kakbah. Nah, peristiwa itu menurut data astronomi akan terjadi pada  Kamis-Jumat, 15-16 Juli 2021. Peristiwa itu disebut juga Istiwa A'zam atau Rashdul Kiblat.

“Istiwa A'zam atau Rashdul Kiblat merupakan peristiwa ketika matahari melintas tepat di atas Ka’bah, sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus dimana saja akan mengarah lurus ke Ka’bah,” kata Agus Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kementerian Agama, Moh. Agus Salim.

Baca Juga: Arab Saudi Bakal Deportasi Ekspatriat Gunakan Stempel Haji Palsu

Menurut Agus, peristiwa itu bertepatan pada tanggal 5 dan 6 Zulhijah 1442 H pukul 16:27 WIB atau 17:27 WITA.

“Oleh karena itu, bagi umat Islam yang ingin mempunyai pedoman arah kiblat dapat menyesuaikan dengan arah bayang-bayang benda tersebut,” katanya melansir laman Bimasislam pada Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Sejarah Haji Pertama di Indonesia, Gunakan Kapal Laut hingga Makan Waktu Berbulan-bulan

Agus menjelaskan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan, pertama pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau menggunakan lot atau bandul .

Kemudian yang kedua, lanjutnya, permukaan dasar harus datar dan rata. Dan yang ketiga waktu pengukuran harus disesuaikan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Radio Republik Indonesia (RRI) atau Telkom.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya