Musim Haji Tahun Ini Diprediksi Diliputi Cuaca Sangat Panas dan Hujan

Hantoro, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 614 2440713 musim-haji-tahun-ini-diprediksi-diliputi-cuaca-sangat-panas-dan-hujan-vfuC1v78pj.jpg Ilustrasi cuaca sangat panas saat musim haji tahun ini. (Foto: Twitter @HaramainInfo)

PARA ahli di Arab Saudi memprediksi musim haji tahun ini akan diliputi cuaca sangat panas. Suhunya diperkirakan mencapai 45 derajat Celsius. Kondisi ini khususnya diperkirakan terjadi di daerah Masha'er.

Dikutip dari laman Arabnews, Rabu (14/7/2021), CEO Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi Ayman Ghulam juga memperingatkan jamaah haji akan adanya angin "berkecepatan tinggi" yang dapat menyebabkan badai pasir dan debu.

Baca juga: Layani Jamaah Haji, 300 Relawan dan 25 Pos Medis Disiagakan 

Dia mengatakan, tidak menutup kemungkinan turun hujan di tempat-tempat suci di Makkah, seperti Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Hal ini terutama pada sore hari karena formasi awan di ketinggian timur daerah Masha'er.

Ilustrasi cuaca panas saat musim haji. (Foto: Rani Hardjanti/Okezone)

Ghulam memeriksa pekerjaan pusat di tempat-tempat suci dan ruang operasi haji yang baru diluncurkan. Dia mengatakan pusat meteorologi siap memantau dan menindaklanjuti kondisi serta fenomena cuaca terbaru di semua tempat suci, dan berkoordinasi sepanjang waktu dengan semua otoritas serta organisasi terkait.

Baca juga: Presiden Dua Masjid Suci Kerahkan Teknologi dan Relawan untuk Layani Jamaah Haji 1442H 

Dia menambahkan bahwa kepala Pusat Operasi Meteorologi di Mina juga akan memberikan siaran informasi cuaca, buletin harian, dan rencana darurat jika terjadi kondisi cuaca buruk.

Musim haji sendiri dimulai pada 18 Juli 2021. Akibat pandemi covid-19, hanya 60.000 orang dari dalam Kerajaan Arab Saudi yang diizinkan menunaikan haji tahun ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya