Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah, Baik Sendiri atau Berjamaah

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 18 Juli 2021 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 18 616 2442490 tata-cara-sholat-idul-adha-di-rumah-baik-sendiri-atau-berjamaah-Zs3HPWkvwr.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

IDUL Adha 1442/2021 tahun ini di Indonesia sedikit berbeda karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga akhir Juli 2021. Masyarakat diminta untuk menggelar sholat Id di rumah masing-masing.

Pada dasarnya, hukum melaksanakan sholat id di rumah sama, yaitu Sunnah. Begitu juga tata caranya pun tidak ada yang berbeda.

"Menurut mayoritas pendapat ulama hukum sholat Idul Adha adalah sunnah," kata Kepala Sub Divisi Dakwah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Ma’arif Fuadi dalam keterangan resminya.

Sholat

Lebih lanjut, waktu pelaksanaan sholat id setelah terbitnya matahari, afdholnya saat matahari telah naik kira-kira satu tombak atau kira-kira 15-30 menit setelah Matahari terbit. Jika matahari terbit pukul 06.00 Maka shalat Idul Adha dapat dilaksanakan pada pukul 06.30.

"Waktu sholat Idul Adha berakhir ketika sudah masuk waktu Dhuhur. Sholat id dilaksanakan dua rakaat, tata caranya hampir sama seperti sholat yang lainnya," terangnya.

Baca Juga : Yuk Ketahui Hal-Hal yang Dilakukan Sebelum Sholat Idul Adha

Ia juga menjelaskan, sholat Idul Adha dilaksanakkan dua rakaat. Niatnya cukup dengan:

Ushalli sunnatan liidil adha rak'ataini (makmuman/imaaman) lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat salat Idul Adha dua rakaat (sebagai makmum/imam) karena Allah ta'ala. Niat dillakukan berbarengan dengan takbirotul ikhrom, kemudian membaca doa iftitah seperti biasanya."

Setelah takbiratul ihram ada tambahan takbir sebanyak tujuh kali, pada rakaat pertama. Sedangkan pada rakaat kedua, lima kali takbir setelah takbir berdiri dari sujud.

Disunnahkan berhenti sebentar setiap di antara dua takbir tambahan tersebut, untuk membaca subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallahu Allahu akbar atau membaca laa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah lahul mulku walahul hamdu biyadihil khair wahuwa alaa kulli syaiin qodiir ".

“Sholat Idul Adha boleh dilaksanakan di rumah baik sendirian atau berjamaah. Setelah sholat Idul Adha diadakan khutbah," katanya.

Jika tidak ada khutbah maka sholatnya, tetap sah karena hukum khutbah dalam shalat Id sunnah, dan bagi yang sholat sendirian maka menurut pendapat yang shahih tidak perlu khutbah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya