Gus Baha Bagikan Resep Simpel Bangun Keluarga Sakinah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 330 2447265 gus-baha-bagikan-resep-simpel-bangun-keluarga-sakinah-yINKiLWPUM.jpg KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. (Foto: Jatman)

MEMBANGUN keluarga sakinah memang bukan hal mudah. Untuk membangun keluarga sakinah, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha punya resep simpelnya. Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @ngajigusbaha, ia memaparkan bagaimana pasangan suami-istri bisa membangun keluarga yang sakinah.

Pada intinya, Gus Baha memaparkan bahwa pernikahan itu harus dilaksanakan dengan rileks. Jalani kehidupan dengan santai. Jika ada perselisihan antar-pasangan atau keluarga, ingatlah sesuatu yang baik-baik agar hati bisa mendapatkan ketenteraman kembali.

Baca juga: Gus Baha Ingatkan Dosa Akan Diampuni dengan Syarat Ini 

"Jadi saya minta siapa saja yang nikah, hindari omongan serius. Kalau mertua sedang jengkel sama menantunya, ingat cucunya, ingat anaknya. Insya Allah berkah," ujar Gus Baha dalam video tersebut.

Hasilnya, 18 tahun pernikahan Gus Baha dengan istrinya pun terasa nyaman tanpa hambatan. Ini karena Gus Baha dan istri tidak pernah memusingkan perintilan rumah tangga seperti mengkhawatirkan rezeki, menuntut istri, dan lain sebagainya.

"Jadi kalau berani menikahi perawan, ya berani mudhohaka, berani mulaabah. Artinya ya yang rileks-rileks saja," sambung Gus Baha.

Baca juga: Gus Baha Ingatkan 6 Hal Penggerogot Amal Baik 

Hal tersebut pun sudah tertuang dalam hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Nasihat tersebut yang selalu Gus Baha kenang. Selain itu, ia juga mengaplikasikannya ke dalam kehidupan rumah tangganya.

"Itu yang paling saya kenang dari nasihat pernikahan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ke sahabat Jabir. Ya Jabiru, halla bikran tulaibuha wa tulaibuka. Jadi maksudnya hindari hubungan yang serius (jabatan, keahlian, dsb)," tukasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya