Ustadz Khalid Basalamah: Usia 40 Tahun Banyak Peringatan Akan Kematian

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 22:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 330 2447581 ustadz-khalid-basalamah-usia-40-tahun-banyak-peringatan-akan-kematian-lz9VuK63l4.jpg Ustadz Khalid Basalamah. (Foto: YouTube Khalid Basalamah Official)

UMUR manusia siapa yang tahu, kematian bisa menjemput kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, manusia diperintahkan Allah Subhanahu wa ta'ala untuk selalu berbuat baik serta memperbanyak amal salih. Namun ternyata di usia 40 tahun, seseorang akan menuju masa rentan dalam segala hal, dan ini telah ditulis di dalam kitab suci Alquran.

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan umur seseorang tidak ditentukan apakah ia sudah tua, sakit, atau tertimpa musibah seperti kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Hari Anak Nasional, Yuk Orangtua Mencontoh Sikap Kasih Sayang Rasulullah Ini 

Hal inilah yang membuat manusia harus lebih waspada terhadap nyawa. Sebab, banyak sekali peringatan sebelum Malaikat Maut atau ajal menjemputnya.

Ustadz Khalid menjelaskan, ada salah satu riwayat dari Imam Kurtubi, dalam sebuah khabar dan riwayat bahwa salah seorang Nabi pernah bertanya kepada Malaikat Maut. Di mana memperingatkan tentang usia 40 tahun.

Baca juga: Wajib Tahu, 4 Syarat Supaya Ibadah Kurban Diterima Allah Ta'ala 

"Tidaklah kamu memiliki seorang delegasi yang kamu suruh datang menemuimu, supaya manusia bersiap menyambut kedatanganmu," kata Ustadz Khalid Basalamah, seperti dikutip dari unggahan akun Facebook Ceramah Sunnah, Rabu (28/7/2021).

"Benar demi Allah, jawab Malaikat Maut," jelas Ustadz Khalid Basalamah dalam ceramahnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bahwa Malaikat punya banyak sekali delegasi berupa gangguan yang menyedihkan dan berkurangnya pendengaran, juga penglihatan. Jika orang yang ditimpa tersebut tidak mau sadar juga dan tidak mau bertobat, Malaikat datang dan mencabut nyawanya. Dalam potongan riwayat tersebut menyebutkan:

"Hai orang-orang yang berumur 40 tahun, inilah saatnya kalian mengambil bekal. Selagi kalian masih berakal anggota-anggota tubuh kalian masih kuat."

Baca juga: Kisah Bjah Eks The Fly Mantap Hijrah Setelah 3 Kali Gagal 

"Hai orang-orang yang berumur 50 tahun, telah dekat saatnya memetik dan panen. Hai orang-orang yang berumur 60 tahun, kalian telah melupakan hukuman Allah dan melainkan jawaban Allah Subhanahu wa ta'ala yang disebutkan dalam Surah Fathir Ayat 37 yaitu:

وَهُمْ يَصْطَرِخُونَ فِيهَا رَبَّنَا أَخْرِجْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا غَيْرَ الَّذِي كُنَّا نَعْمَلُ ۚ أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ ۖ فَذُوقُوا فَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ نَصِيرٍ

Wa hum yastarikhuna fiha, rabbana akhrijna na'mal salihan gairallazi kunna na'mal, a wa lam nu'ammirkum ma yatazakkaru fīhi man tazakkara wa ja'akumun-nazir, fa zuqu fa ma liz-zalimina min nasir

Artinya: "Dan mereka berteriak di dalam neraka itu: 'Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang salih berlainan dengan yang telah kami kerjakan.' Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolong pun." (QS Fatir: 37)

Ayat berikut adalah gambaran penyesalan orang-orang yang diberikan umur panjang tapi tidak dimaksimalkan dengan mengisi perbuatan baik. Bahkan, mereka mengingkari Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Kita harus mengambil pelajaran penting dan beberapa persepsi negatif tentang masalah mati. Orang menganggap sudah keriputan sudah tua sekali, sudah bungkuk baru dia mati. Ini persepsi salah. Banyak yang masih bayi mati, remaja mati. Banyak juga persepsi kalau dia mati itu masuk rumah sakit," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Hewan yang Paling Baik Dijadikan Kurban 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya