Aa Gym Bagikan 3 Rahasia Langgeng Bergaul dengan Sesama Manusia

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 330 2448475 aa-gym-bagikan-3-rahasia-langgeng-bergaul-dengan-sesama-manusia-kFddw73B82.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto: Okezone)

KH Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym mengungkapkan bahwa bergaul dengan sesama manusia ternyata ada seninya. Ia mengatakan setidaknya setidaknya ada tiga rahasia bergaul dengan sesama manusia agar langgeng dan bahagia.

Pertama, jangan pernah berharap apa pun dari orang lain untuk kepentingan pribadi kita. "Karena makin berharap akan makin gelisah, makin banyak kecewa, dan makin banyak luka," jelas Aa Gym, disitat dari unggahan video di akun Instagram-nya @aagym, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Aa Gym: Berbahagialah Tidak Punya Pacar, Itu Perlindungan dari Allah 

Kedua, berharaplah diri sendiri yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Ini harus dengan penuh keikhlasan serta tanpa pamrih apa pun.

Ketiga, lanjut Aa Gym, berharaplah agar orang lain bisa menjadi bahagia dan mulia karena dekat dengan Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Bila kita memiliki tiga hal tersebut, insya Allah bisa bahagia. Juga sikap kita akan terjaga mulia dan hidup kita akan penih manfaat bagi sesama," ujarnya.

Baca juga: Ustadz Abdul Somad Beberkan Pentingnya Membahagiakan Orangtua 

Sementara itu, Aa Gym juga mengingatkan bahwasanya manusia diciptakan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menebar kebaikan di dunia. Namun seringkali orang-orang lupa bahwa hidup tidak sendirian di muka bumi.

Selain bersama banyak makhluk hidup lainnya, manusia pun hidup bersama manusia lain yang memiliki kehidupan berbeda-beda. Bersedekah adalah salah satu cara memanusiakan manusia, membantu sesama keluar dari keterpurukan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Menurut Aa Gym, bersedekah bukan hanya tentang berapa banyak yang sudah dikeluarkan, tapi juga tentang apa yang ada di pikiran ketika orang lain mendapat rezeki.

"Kita ini diciptakan bukan untuk melaknat orang," ungkap Aa Gym.

Baca juga: Masjid Agung Pati Bernilai Sejarah Tinggi, Miliki Mimbar Unik Berumur 160 Tahun 

Dirinya mengingatkan bahwa ketika mendapat rezeki, berbuat baiklah. Lalu ketika melihat orang lain mendapat rezeki, doakan yang baik-baik untuknya.

"Lihat yang punya mobil bagus, doakan semoga Allah selain memberikan mobil bagus juga memberikan akhlak yang bagus. Lihat yang punya rumahnya bagus, doakan semoga di surga mendapat rumah yang lebih bagus," jelasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya