Ustadz Khalid Basalamah: Niat Baik Tetap Tercatat Walau Tak Sempat Melakukannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 330 2448689 ustadz-khalid-basalamah-niat-baik-tetap-tercatat-walau-tak-sempat-melakukannya-FJrLIoQjsY.jpg Ustadz Khalid Basalamah. (Foto: YouTube Ammar TV)

USTADZ Khalid Basalamah mengatakan kebaikan menjadi salah satu amal salih yang dapat membuat seorang Muslim meraih pahala, apalagi jika kebaikan tersebut karena Allah Subhanahu wa ta'ala. Tapi muncul pertanyaan, bagaimana jika kebaikan yang hendak dilakukan belum sempat tercapai, hanya di niat saja?

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, jika sudah punya punya niat baik tapi belum terlaksana maka niat tersebut sudah diterima oleh Allah Azza wa jalla.

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah: Usia 40 Tahun Banyak Peringatan Akan Kematian 

"Siapa yang niat dalam hatinya namun belum sempat dikerjakan, maka akan diberikan kepadanya satu pahala lengkap," kata Ustadz Khalid Basalamah, seperti dikutip dari unggahan video di akun Instagram-nya @khalidbasalamaofficial, Jumat (30/7/2021).

Kemudian apabila sempat dikerjakan, maka pahalanya akan dicatat 10 kali lipat. Bahkan bisa sampai 700 kali lipat, tergantung dari kadar keikhlasannya.

Baca juga: Hari Anak Nasional, Yuk Orangtua Mencontoh Sikap Kasih Sayang Rasulullah Ini 

Ustadz Khalid menambahkan, ada sebagian Salaf mengatakan, "Aku berharap punya niat di semua amal salih, baik sempat aku kerjakan atau tidak."

Setelah itu ia memberikan contoh, apabila seseorang ingin niat berhaji namun belum sempat terlaksanakan, maka niatnya sudah tercatat, dan jika sempat melakukannya pahalanya akan berlipat-lipat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Contoh lainnya yaitu niat sholat malam. Kemudian tidak sempat mengerjakannya padahal sudah diniatkan, pahalanya tetap dapat.

"Niatkan semua, kebaikan-kebaikan," ujar Ustadz Khalid Basalamah.

Baca juga: Wajib Tahu, 4 Syarat Supaya Ibadah Kurban Diterima Allah Ta'ala 

Dalam salah satu riwayat hadis dijelaskan, Rasulullulah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

Artinya: "Barang siapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." (HR Muslim Nomor 1893)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya