Ini Cara Sedekah Menggunakan Sendi Tubuh

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 330 2449539 ini-cara-sedekah-menggunakan-sendi-tubuh-KH0qzRYRpj.jpg Ilustrasi sholat salah satu sedekah menggunakan sendi tubuh. (Foto: Freepik)

ALLAH Subhanahu wa ta'ala telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk. Manusia yang terlahir dalam kondisi normal memiliki total 360 sendi tubuh. Hal ini sesuai sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yang juga telah dibuktikan oleh sains secara ilmiah.

Baca juga: Ini Cara Islam Memuliakan dan Mengangkat Derajat Wanita 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ مَفْصِلٍ

Artinya: "Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian." (HR Muslim Nomor 2377)

Kemudian salah satu bentuk ibadah yang wajib dilakukan oleh kaum Muslim adalah bersedekah dengan 360 sendi tersebut atau sedekah menggunakan seluruh anggota tubuh.

Baca juga: Begini Ciri-Ciri Orang Terkena Sihir 

Hal ini juga termasuk anjuran yang terdapat dalam hadis shahih. Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ، تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تََمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ، وَتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ

Artinya: "Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah ssedekah." (HR Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan keterangan pada hadis tersebut, bersedekah menggunakan anggota tubuh ada banyak sekali cara dan jalannya. Selain itu, jangan lupa bahwasanya tersenyum kepada orang lain juga merupakan suatu bentuk sedekah tersendiri.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lalu bagaimana jika merasa kesulitan bersedekah dengan menunaikan setiap dari amalan-amalan yang tertuang pada hadis tersebut?

Menjawab pertanyaan itu, Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah Lc MA melalui video tausiyah di akun Instagram-nya @syafiqrizabasalamah_official mengungkapkan bahwasanya salah satu cara untuk bersedekah dengan menggunakan seluruh persendian tubuh adalah menunaikan amalan Sholat Dhuha.

Baca juga: 4 Tips Hafal Alquran: Niatkan yang Kuat hingga Perdalam Murojaah 

Setiap harinya usahakan menunaikan amalan sunah yang juga diyakini mampu melancarkan rezeki ini minimal 2 rakaat. Ini sebagai bentuk ikhtiar bersedekah menggunakan sendi tubuh.

Hal tersebut juga sesuai hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu:

"Setiap persendian salah seorang di antara kalian ada sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan sudah mencukupi hal itu 2 rakaat dhuha yang dilaksanakannya." (HR Muslim dari Abu Dzarr)

Wallahu a’lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya