Apa Arti Tahun Baru Menurut Islam?

Andaru Danurdana, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 330 2450785 apa-arti-tahun-baru-menurut-islam-FKfoxLw2j3.jpg Ilustrasi arti tahun baru menurut Islam. (Foto: Unsplash)

APA arti tahun baru menurut Islam? Hal ini ternyata harus diketahui setiap Muslim. Berbeda dengan tahun masehi yang menggunakan tanggalan Gregorian alias berdasarkan matahari, tanggalan hijriah menggunakan kalender Lunar yang dihitung berdasarkan bulan. Ini menyebabkan tanggalan hijriah berubah-ubah penempatan bila dibandingkan tanggalan masehi.

Diperingati tiap tanggal 1 Muharram, Tahun Baru Islam memiliki arti beragam bagi kaum Muslimin. Pergantian tahun di penanggalan hijriah pun tidak sekadar penambahan angka di kalender.

Baca juga: Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H Bertepatan dengan 10 Agustus 2021 

Sebagaimana telah MNC Portal rangkum, meski Tahun Baru Islam ditandai hijrahnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ke Madinah pada 622 Masehi, peringatannya baru ada setelah wafatnya Rasululah. Momen hijrah tersebut dianggap sebagai salah satu sejarah Islam yang hingga kini menjadi agama paling besar di dunia.

Ilustrasi Tahun Baru Islam. (Foto: Chiplanay/Pixabay)

Berhubungan erat dengan berpindahnya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dari Kota Makkah ke Madinah, Tahun Baru Islam juga memiliki arti perpindahan dalam diri. Dari yang kurang baik menuju ke yang lebih baik.

Baca juga: 15 Kata-Kata Tahun Baru Islam, Berisi Doa dan Harapan Positif 

Momen Tahun Baru Islam biasanya digunakan sebagai waktu untuk introspeksi diri alias muhasabah. Ini merenungi perbuatan yang telah lampau dan menguatkan niat untuk memperbaikinya di tahun yang baru.

Sama seperti hijrahnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dari Makkah ke Madinah yang dipenuhi perjuangan tanpa putus asa, umat Islam pun diharapkan bisa meniru sifat beliau dan gigih berjuang menjadi pribadi yang lebih baik di tahun baru hijriah ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya