Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Kriteria Teman yang Perlu Dipertahankan

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 330 2453584 ustadz-adi-hidayat-jelaskan-kriteria-teman-yang-perlu-dipertahankan-9XMgFD7IA7.jpg Ustadz Adi Hidayat. (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)

USTADZ Adi Hidayat (UAH) mengatakan setiap orang pasti memiliki teman dengan kepribadian berbeda-beda. Maka itu, disarankan memilih teman yang mempunyai keimanan baik, menjalankan segala perintah Allah Subhanahu wa ta'ala dan sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

"Anda sudah menemukan orang yang meng-upgrade iman, orang rajin sholat. Tapi ada orang yang ketiga yang jauh melampaui yang dua ini," katanya, seperti dikutip dari kanal YouTube Adi Hidayat Official, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: Sering Lupa? Ustadz Adi Hidayat Ungkap Ayat untuk Mencegahnya 

Kemudian ia menjelaskan teman yang istimewa adalah menolong saat dirinya sendiri sedang susah, yakni paling tepatnya adalah gemar berbagi. Teman yang gemar berbagi ini tertulis dalam Surah Ali Imran Ayat 134.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

الَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ فِى السَّرَّآءِ وَالضَّرَّآءِ وَالۡكٰظِمِيۡنَ الۡغَيۡظَ وَالۡعَافِيۡنَ عَنِ النَّاسِؕ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الۡمُحۡسِنِيۡنَۚ

Allaziina yunfiquuna fissarraaa'i waddarraaa'i wal kaazimiinal ghaiza wal aafiina 'anin-naas; wallaahu yuhibbul muhsiniin

Artinya: "(Yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan." (QS Ali Imran: 134)

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Bagikan Doa Anti-Galau dan Pengentas Utang-Piutang 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lebih lanjut Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, teman yang gemar berbagi termasuk orang-orang yang beriman. Bahkan, seseorang yang berbaginya tidak pernah perhitungan adalah teman yang tepat dan baik.

Baca juga: Beli Bendera, Ustadz Adi Hidayat Sedekah Uang dan Ilmu Pancasila 

"Kalau menemukan kriteria seperti ini, ambil sebagai teman, karena dia akan bersama Anda saat sulit ataupun senang," terangnya.

UAH melanjutkan, tidak semua teman bisa seperti ini. Ada yang kriterianya saat susah baru datang, tapi ketika sedang senang maka akan lupa. Untuk itu pertahankan teman yang seperti dijelaskan tersebut.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya