Yuk Berusaha Keras Jadi Orangtua Salih, Ini Keutamaannya

Nandha Aprilia, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 330 2454536 yuk-berusaha-keras-jadi-orangtua-salih-ini-keutamaannya-LDxRWqhmq5.jpg Ilustrasi orangtua salih. (Foto: Freepik)

ORANGTUA menjadi sosok panutan bagi anak-anaknya. Tidak hanya itu, bahkan sejak kecil pun bisa dilihat di mana-mana anak meniru tingkah laku orangtuanya. Maka itu, menjadi orangtua salih adalah sebuah keharusan karena akan membawa pengaruh yang sangat besar kepada anak-anaknya.

"Kesolehan orangtua miliki pengaruh yang sangat besar terhadap anak- anak mereka. Apabila orangtua menjadi figur yang salih di hadapan anak-anaknya, maka akan dengan mudah dia membimbing anak-anaknya," ujar Ustadz Wira Mandiri Bachrun, seperti dikutip dari kanal YouTube ANB Channel, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah: Bila Manusia Selamat Itu karena Allah Ta'ala 

Di sini Ustadz Wira Mandiri Bachrun menyebut Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebagai panutan yang bisa dijadikan teladan.

"Anak-anaknya akan meniru apa yang dicontohkan oleh orangtua. Oleh karena itulah kita bisa melihat kenapa para sahabat dengan mudah mengikuti ucapan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, karena beliau tampil sebagai seorang teladan di hadapan mereka," ucapnya.

"Apa yang dilarang oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, beliau menjauhi. Apa yang diperintahkan oleh beliau, beliau jadi orang yang terdepan untuk melaksanakannya," lanjut Ustadz Wira Mandiri Bachrun.

Kesalihan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengajarkan umat Islam banyak hal. Selain itu, menjadi orangtua salih pun memiliki keutamaan yang luar biasa. Orangtua salih bisa membawa dampak baik untuk anak keturunannya.

Baca juga: Ini Hukumnya Orang yang Selalu Masbuk dalam Sholat Berjamaah 

"Kalau nanti anak-anak kita mungkin dari secara amalan tidak seperti orangtuanya, orangtuanya mungkin masya Allah, Allah berikan kemudahan untuk melakukan banyak amalan salih, sehingga dia berhak untuk mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala," ungkapnya.

"Tapi anak keturunannya mungkin tidak seperti bapaknya. Nanti di akhirat Allah Subhanahu akan ikutkan anak keturunan tersebut dengan bapak-bapak mereka yang salih, yang berhak mendapatkan derajat surga yang lebih tinggi," ujar Ustadz Wira Mandiri Bachrun.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Terkait hal ini, Ustadz Wira Mandiri Bachrun menyampaikan sebuah ayat dalam kitab suci Alquran:

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ ۚ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ

Artinya: " Dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya." (QS At-Tur: 21)

Baca juga: Kisah Reda Samudera Eks Vokalis Speaker First Hijrah Setelah Dihadiahi Buku 

Oleh karena itu, pesan terakhir yang Ustadz Wira Mandiri Bachrun sampaikan di akhir penjelasannya ialah mengajak untuk menjadi orangtua salih dan teladan bagi anak-anak mereka.

"Jadilah kita sebagai orangtua yang salih, orangtua yang teladan. Mudah-mudahan dengannya, anak-anak kita juga akan menjadi orang-orang yang salih seperti orangtua mereka," tuntasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya