Ustadz Firanda Andirja Ungkap Sholat Menyelesaikan Semua Masalah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 20:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 330 2454809 ustadz-firanda-andirja-ungkap-sholat-menyelesaikan-semua-masalah-eedyFJcVCE.jpg Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA. (Foto: YouTube Yufid TV)

USTADZ Dr Firanda Andirja Lc MA mengatakan setiap manusia akan diberi cobaan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, baik itu besar maupun kecil. Diharapkan dari masalah tersebut seorang Muslim dapat mengambil hikmahnya dan belajar dari setiap cobaan.

Cobaan atau masalah, lanjut Ustadz Firanda Andirja, juga hadir dalam kehidupan manusia sebagai bentuk kasih sayang Allah Subhanahu wa ta'ala. Ya, Allah Ta'ala ingin melihat seberapa sayang umat-Nya itu ketika diberi cobaan.

Baca juga: Mengenal Mata Air Tasniim, Minuman Penghuni Surga yang Dekat dengan Allah Ta'ala 

Namun, menyikapi masalah setiap orang itu berbeda-beda. Tapi yang terbaik menurut Allah Subhanahu wa ta'ala adalah dengan sholat. Hal ini yang juga Allah perintahkan kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS Al Baqarah: 153)

Sholat. (Foto: Shutterstock)

Jadi, saran Ustadz Firanda, perbanyaklah sholat agar setiap masalah atau cobaan yang datang dapat diatasi dengan cara yang dicintai Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Ustadz Firanda Andirja: Berputus Asa dari Rahmat Allah Itu Dosa Besar 

Ustadz Firanda melanjutkan, ketika itu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam diejek-ejek oleh orang. Namun apa yang Allah Subhanahu wa ta'ala berikan kepada Rasulullah?

وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدْرُكَ بِمَا يَقُولُونَ

Artinya: "Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan." (QS Al-Hijr: 97)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Firanda menerangkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dikatakan sebagai orang gila, orang sinting, penyair gila, orang tersihir, penyihir, dukun, dan yang lainnya.

"Semua gelar-gelar buruk ditempelkan kepada Nabi Muhammad, dan Nabi merasa berat. Manusiawi, Nabi punya sisi manusiawi," papar Ustadz Firanda, dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Hati-Hati Bermedia Sosial, Akan Dicatat dan Dihisab di Akhirat Kelak 

Setelah itu, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِّنَ السَّاجِدِيْنَۙ

Artinya: "Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud (sholat)." (QS Al-Hijr: 98)

"Jadi, sujudlah. Disuruh sholat Nabi Muhammad sama Allah. Banyaklah sholat, kalau banyak masalah, sholat," kata Ustadz Firanda.

Ia pun menyampaikan bahwa saat ada masalah, sholatlah dua rakaat. Ini akan membuat seorang Muslim terkoneksi dengan Allah Azza wa jalla secara langsung.

Baca juga: Kisah Heroik Nabi Daud Taklukkan Raja Jalut dengan Ketapel 

"Keluhkan, sujud, berdoa kepada Allah, kita punya Allah. Orang mungkin bangga punya ini, punya sesuatu, kita punya Allah yang sayang kepada kita," terangnya.

"Oleh karenanya, di antara hal yang membantu kita bisa sabar adalah dengan sholat," pungkas Ustadz Firanda Andirja.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya