Share

Aa Gym Beberkan Ciri-Ciri Orang Jujur, Adakah pada Diri Kita?

Ravie Wardani, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 616 2455084 aa-gym-beberkan-ciri-ciri-orang-jujur-adakah-pada-diri-kita-kRsxNkREyZ.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Instagram @aagym)

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym membeberkan ciri-ciri orang jujur. Ia memaparkan segala kemudahan orang yang senantiasa berkata jujur. Dai kondang ini juga mengutip ayat suci Alquran yang membahas karakteristik orang yang jujur.

Dalam tayangan YouTube Aa Gym Daily Vlog tersebut, ia menjelaskan secara rinci karakteristik orang jujur dalam tutur kata. Aa Gym mengatakan bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala sangat mencintai orang yang berkata jujur.

Baca juga: Aa Gym Ungkap Penyebab Hati Gelisah dan Sengsara 

Salah satu ciri orang jujur, menurut Aa Gym, hati orang tersebut diselimuti ketenangan yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebagaimana sifat Allah Yang Maha Membolak-balikan Hati Manusia.

Berikut ini ulasan empat cara mendeteksi orang jujur menurut penjelasan Aa Gym.

1. Tenang

Aa Gym menjelaskan bahwa orang yang jujur cenderung bersikap tenang. Hal ini lantaran hatinya selalu dipenuhi ketenangan batin yang datang dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Ia juga mengutip potongan Surah Al-Fath Ayat 40 yang membahas ketenangan diturunkan langsung oleh Allah Ta'ala.

"Ini adalah ciri-ciri orang yang jujur. Satu, karena orang yang jujur itu tenang, kenapa tenang? Karena Allah Subhanahu wa ta'ala menyukai orang jujur dan hati ini dibolak-balik oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. 'Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan' (QS Al Fath : 40)," ungkapnya.

"Hakikatnya Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan syariatnya tidak ada beban untuk berdusta," lanjut Aa Gym, dikutip dari kanal YouTube-nya, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Ini Cara Terpuji Melawan Hinaan ala Aa Gym 

2. Ringan

Orang yang jujur bakal terlihat ringan dalam bertutur kata. Allah Subhanahu wa ta'ala akan memudahkan orang jujur dalam menjelaskan suatu masalah tanpa beban yang menghantuinya. Orang dengan kejujuran dalam hatinya juga akan jelas bila memaparkan kesaksian dan sebagainya.

Aa Gym juga menyinggung ciri orang yang acapkali berbohong. Menurut dia, orang yang berdusta akan berpikir keras membuat cerita rekayasa. Bahkan, orang yang termasuk golongan ini cenderung memberikan penjelasan simpel.

"Yang kedua, orang yang jujur itu akan bisa ringan, mudah menyampaikan dalam keadaan runut, rinci detail, dan jelas. Ringan saja, tidak ada beban. Tapi orang yang berdusta harus berpikir keras untuk merekayasa kebohongan, akibatnya kalau bicara itu dia akan bicara cenderung simpel, tidak bisa rinci karena harus ngarang. Kalaupun panjang jadi berbelit-belit," ucap Aa Gym.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Konsisten

Ciri orang jujur yang mudah dideteksi berkutnya konsisten. Aa Gym mengatakan perilaku konsisten lekat dengan orang jujur. Hal ini lantaran mereka yang jujur akan merasakan suasana hati yang sama kapan saja. Sehingga, Aa Gym menilai orang tersebut pendapatnya akan sama dalam kondisi apa pun.

"Yang ketiga, orang yang jujur itu cenderung konsisten. Karena memang itu yang dia rasakan, dia alami sehingga menjelaskannya tuh tidak ada beban dan konsisten kapan pun sama saja. Tapi orang yang tidak jujur akan inkonsisten. Tergantung kemampuan dia menyembunyikan bohong dan mengarangnya nanti akan membuat karangan-karangan baru dan ini akan tampak jelas," ucap Aa Gym.

Baca juga: Aa Gym Beberkan 8 Ciri Pribadi Indah Disukai Allah Ta'ala, Siapa Saja Mereka? 

4. Yakin

Salah satu perilaku orang yang jujur yakni yakin. Aa Gym menyebutkan keyakinan ini dampak dari perilaku jujur yang kerap diterapkan dalam segala hal. Aa Gym juga mengatakan orang yang yakin karena jujur, bisa terlihat dari raut wajah. Ciri orang ini membuat prinsipnya tak mudah digoyahkan. Keyakinan sikap dan hatinya selalu merujuk pada aturan Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Orang yang jujur, dia tidak berusaha kuat membuat orang yakin, karena dia sendiri sudah yakin raut mukanya, hatinya, sikapnya, tuh yakin. Jadi tidak berusaha keras membuat orang yakin, kalaupun menyampaikan sesuatu nanti akan mengajak orang-orang yang memang bisa jadi bukti dengan hal yang sama," pungkas Aa Gym.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini