Ini Cara Terpuji Melawan Hinaan ala Aa Gym

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 08 330 2452773 ini-cara-terpuji-melawan-hinaan-ala-aa-gym-qFe1ETSqSJ.png Aa Gym. (Foto: YouTube Aa Gym Daily Vlog)

SUATU hari seorang sahabat mengirim video berisi pernyataan hinaan yang ditujukan untuk Kiai Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym. Video tersebut pun diterimanya.

Kemudian si sahabat ini bertanya ke Aa Gym, "Bagaimana menurut Aa (terkait video tersebut)?"

Baca juga: Aa Gym Ungkap 2 Sifat Paling Berbahaya bagi Seorang Muslim 

Aa Gym pun merespons dengan santai. "Menurut saya, dia tidak bicara apa-apa. (Lho kok bisa?) Karena saya tidak 'nyetel' (memutar video itu)," kata Aa Gym, dikutip dari kanal YouTube-nya Aa Gym Daily vlog, Senin (9/8/2021).

Keputusan Aa Gym untuk tidak melihat video yang diduga berisi pernyataan menghina dirinya itu bukan tanpa alasan. Menurut dia, suatu kesalahan jika diri sendiri membiarkan luka itu diterima, padahal bisa dicegah.

"Untuk apa kita melukai hati kita sendiri. Kata-kata yang melukai itu biasanya karena kita baca, kita dengar, kita saksikan. Kalau toh itu tidak ada manfaatnya, kalau perkataan itu datang dari orang yang emosi, orang yang benci, dan tidak punya nilai tambah, untuk apa (kita mendengar, membaca, atau melihatnya)?" papar Aa Gym.

Baca juga: Aa Gym Bagikan 3 Rahasia Langgeng Bergaul dengan Sesama Manusia 

Ia melanjutkan, memang ada kalanya setiap dari kita ini harus mau mendengar koreksi, tetapi kalau hal tersebut tidak ada manfaatnya, maka tidak usah memaksakan diri untuk merobek-robek diri dengan membaca, mendengar, dan menyimak.

"Saudara sekalian, kita terluka karena kita suka sekali melukai diri sendiri. Sikap emosional, sikap ingin tahu sesuatu yang tidak bermanfaat, ingin membalas, itu hanya melukai," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Aa Gym pun mengajak serta semua Muslim untuk jangan lukai diri, banyak hal positif lain yang bisa disimak, dibaca, didengar, dan itu lebih mengobati diri sendiri daripada melukai diri sendiri.

Ia pun menerangkan bahwa tidak semua kata-kata yang kita terima itu harus kita dengar, tidak semua tulisan harus dibaca. "Pilihlah yang benar-benar positif, yang membuat kita menjadi lebih baik, lebih tambah iman, dan tambah bermanfaat bagi sesama," tambahnya.

Baca juga: Aa Gym: Lihat Orang Lain Dapat Rezeki, Doakan yang Baik-Baik 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya