Aa Gym Ungkap 2 Sifat Paling Berbahaya bagi Seorang Muslim

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 330 2449459 aa-gym-ungkap-2-sifat-paling-berbahaya-bagi-seorang-muslim-ED8ZWp3bWl.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto: Okezone)

KH Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym mengatakan bahwa seorang Muslim bisa saja melakukan kesalahan. Ini tidak lepas dari kodratnya sebagai manusia biasa yang memiliki sifat baik dan buruk.

Aa Gym melanjutkan, dari banyaknya sifat buruk, sebaiknya berusaha dijauhi oleh setiap Muslim. Lalu terdapat suatu sifat paling berbahaya. Mengapa paling berbahaya? Sebab cenderung tidak disadari, tapi dilakukan oleh banyak orang.

Simak selengkapnya, seperti dijelaskan Aa Gym dalam unggahan video di akun Instagram-nya @aagym.

Baca juga: Aa Gym Bagikan 3 Rahasia Langgeng Bergaul dengan Sesama Manusia 

1. Jangan berharap dan bergantung kepada orang lain

Aa gym mengungkapkan terkadang manusia saling melukai, mengkhianati, dan sebagainya adalah suatu kejadian yang atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala. Ada hikmah yang luar biasa di baliknya.

Ketika seorang Muslim dizalimi oleh orang lain, tentu manusiawi akan merasa kecewa dengan orang lain. Hal ini, menurut Aa Gym, bermakna bahwa Allah Azza wa jalla tidak ingin menjadikan hamba-Nya "jinak" dengan orang lain, dalam artian tidak berharap kepada manusia lain.

Jikalau menjumpai ada orang yang baik kepada diri Anda, harus berhati-hati. Bukan berarti suuzan, tapi berhati-hati di sini adalah lebih kepada bagaimana diri sendiri menyikapi hal tersebut. Jangan sampai ketika ada seseorang yang baik sekali, jadi berharap kepada orang tersebut.

Berharap diberi ini diberi itu dan senantiasa diberikan kebaikan lainnya yang mana justru hal tersebut adalah sifat yang kurang tepat dan dapat menjadi bumerang apabila di kemudian hari terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Gantungkanlah harapanmu dan sandaranmu hanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, niscaya segala sesuatunya akan terasa lebih indah dan lebih mudah.

Baca juga: Aa Gym: Lihat Orang Lain Dapat Rezeki, Doakan yang Baik-Baik 

2. Berbuat baik tapi mengharap kebaikan

Selanjutnya sifat yang paling berbahaya bagi seorang Muslim adalah berbuat baik tapi mengharap kebaikan orang lain. Memang benar bahwasanya tugas Muslimin adalah berbuat baik antar-sesama manusia.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun mencontohkan bahwa apabila ada orang yang berlaku kurang baik, harus disikapi dengan tegar dan sebisa mungkin tidak membalas ketidakbaikan tersebut. Apalagi ketika orang baik, tentu harus juga dibalas dengan kebaikan baik terhadap orang tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Namun yang perlu diperhatikan adalah berbuat baik dan menyebarkan kebaikan itu haruslah dijadikan sebagai "kewajiban" dan bukannya "hak".

Sudah kewajiban sebagai seorang Muslim untuk berbuat baik kepada orang lain. Sementara yang perlu dipahami, jangan sampai usai berbuat baik, berharap balasan kebaikan dari orang lain.

Baca juga: Aa Gym Ungkap 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menghadapi Kematian 

Hal ini tentu sangat berbahaya, dikhawatirkan kebaikan yang dilakukan hanyalah pencitraan atau Aa Gym mengungkapkannya dengan istilah "nabung perhatian". Jikalau demikian, sia-sialah kebaikan yang dilakukan karena termasuk tindakan tidak ikhlas.

Wallahu a’lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya