Kiat-Kiat Hijrah ala Ustadz Khalid Basalamah, Pahami Dulu Keutamaan Ibadah

Ravie Wardani, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 616 2455098 kiat-kiat-hijrah-ala-ustadz-khalid-basalamah-pahami-dulu-keutamaan-ibadah-FNBB8wlz5D.jpg Ustadz Khalid Basalamah membagikan kiat-kiat hijrah. (Foto: YouTube Khalid Basalamah Official)

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA menjelaskan kiat-kiat hijrah dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Ia mengatakan, memahami keutamaan ibadah lebih menggerakkan hati seseorang untuk memulai hijrah. Hal ini juga diterapkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam saat membimbing para sahabat dahulu.

Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan juga larangan mencela perbuatan dosa orang lain. Dia menyebut dengan mencela perbuatan dosa orang lain sama halnya dengan meremehkan proses pencarian hidayah seseorang.

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah Ajak Masyarakat Vaksinasi: Kemaslahatan bagi Semua 

Menurut Ustadz Khalid, jika seorang Muslim lebih dulu mengerti ilmu agama, sebaiknya tidak mengolok-olok dosa orang lain. Justru orang tersebut dianjurkan berprasangka baik kepada setiap dosa yang dilakukan orang lain.

"Selain kita jaga keihklasan, maka ada poin penting, yaitu bagaimana kita tidak mencela orang lain yang sedang melakukan pelanggaran, walaupun dia sedang salah, tapi kita tidak mencelanya. Karena dengan mencela dia, antum menganggap remeh," ujarnya, seperti dirangkun dari kanal YouTube Khalid Basalamah Official, Jumat (13/8/2021).

"Misalnya, mengatakan 'Kau itu ahli maksiat', maka ini berarti kita mengolok-olok orang tersebut yang mungkin belum sampai padanya hujah, atau belum sampai namanya argumentasi, belum sampai padanya dalil, sehingga dia belum tahu," lanjutnya.

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah: Bila Manusia Selamat Itu karena Allah Ta'ala 

Ustadz Khalid juga mengingatkan untuk tidak memusuhi orang yang dianggap masih melakukan perbuatan maksiat. Ia mengatakan, sebagai Muslim yang memiliki pengetahuan lebih terkait ilmu agama, harus merangakul orang lain guna keselamatan umat.

"Jadi orang yang berbuat kemaksiatan bukan untuk dimusuhi, tapi untuk dirangkul, untuk kita raih dia, supaya dia bisa selamat dari kelalaian tersebut," ujarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tidak lupa, Ustadz Khalid membagikan kiat-kiat hijrah dengan keikhlasan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Baginya, bila seseorang berniat berhijrah, alangkah baiknya mengetahui keutamaan dari setiap ibadah yang dikerjakan sesuai tuntunan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Dengan begitu, rasa tertarik seseorang untuk menekuni lebih lanjut semakin terpacu. Kendati demikian, janji Allah Subhanahu wa ta'ala tidak akan luput dan kelak akan kita tuai di akhirat nanti.

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Waktu Terbaik Istigfar dan Mohon Ampunan Dosa 

"Kata Allah Subhanahu wa ta'ala, 'Berdakwalah kau wahai Muhammad, dengan cara hikmah'. Apa itu hikmah? Meletakkan sesuatu pada tempatnya. Dengan hikmah dan berikan peringatan-peringatan yang baik sebelum ancaman neraka, kita sebutkan dulu keutamaan ibadah itu," jelas Ustadz Khalid.

"Misalnya, orang tidak sholat, kita nasihatin dulu dia dengan keutamaan sholat. Hadis Nabi Shallallahu alaihi wassallam: 'Bagaimana kalau di depan rumah seseorang di antara kalian ada sungai yang mengalir dengan sangat deras, lalu dia mandi sehari lima kali. Apakah tertinggal kotoran di tubuhnya?' Kata para sahabat: 'Tentu tidak ya Rasulullah.' Kata Nabi Shallallahu alaihi wassallam: 'Begitu pula dengan lima waktu sholat, dia membersihkan seseorang muslim dari dosa-dosanya'," terang Ustadz Khalid Basalamah.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya