Perselingkuhan Perbuatan Buruk, Ini Dalil-Dalilnya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 330 2457226 perselingkuhan-perbuatan-buruk-ini-dalil-dalilnya-qkCniaiEPO.jpg Ilustrasi bahaya perselingkuhan dalam pernikahan. (Foto: Shutterstock)

KASUS perselingkuhan yang terjadi di tengah masyarakat ini sungguh memprihatinkan. Perselingkuhan bukan hanya dilakukan oleh orang-orang berada, tapi juga dilakukan oleh orang-orang yang tidak mampu dari segi finansial.

Lebih memprihatinkan lagi, perselingkuhan dilakukan oleh orang-orang yang ada hubungan kekerabatan, seperti perselingkuhan antara ayah/ibu dengan anak tirinya, antara kakak dengan adiknya, antara adik ipar dengan kakak ipar.

Baca juga: Yuk Berusaha Keras Jadi Orangtua Salih, Ini Keutamaannyaย 

Dalam pandangan agama Islam, perselingkuhan merupakan kecurangan, penyelewengan, dan pengkhianatan seseorang terhadap pasangannya. Biasanya perselingkuhan itu dibarengi perzinaan atau paling tidak mendekati perzinaan.

Mengutip dari laman resmi Muhammadiyah, Rabu (18/8/2021), semua bentuk pengkhianatan, penyelewengan, dan kecurangan dilarang dalam ajaran agama Islam. Di antara ayat dan hadis yang melarang hal-hal tersebut adalah firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

ูŠูŽุงุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ู„ูŽุง ุชูŽุฎููˆู†ููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูˆูŽุงู„ุฑูŽู‘ุณููˆู„ูŽ ูˆูŽุชูŽุฎููˆู†ููˆุง ุฃูŽู…ูŽุงู†ูŽุงุชููƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui." (QS Al Anfal: 27)

Baca juga: Wajib Tahu, Hak dan Kedudukan Tetangga Sangat Besar serta Muliaย 

Kemudian dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala tentang istri Nabi Nuh Alaihissallam dan istri Nabi Luth Alaihissallam yang mengkhianati suami mereka masing-masing supaya hal itu tidak dicontoh:

ุถูŽุฑูŽุจูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูŽุซูŽู„ู‹ุง ู„ูู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูƒูŽููŽุฑููˆุง ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุชูŽ ู†ููˆุญู ูˆูŽุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุชูŽ ู„ููˆุทู ูƒูŽุงู†ูŽุชูŽุง ุชูŽุญู’ุชูŽ ุนูŽุจู’ุฏูŽูŠู’ู†ู ู…ูู†ู’ ุนูุจูŽุงุฏูู†ูŽุง ุตูŽุงู„ูุญูŽูŠู’ู†ู ููŽุฎูŽุงู†ูŽุชูŽุงู‡ูู…ูŽุง ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุบู’ู†ููŠูŽุง ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ูˆูŽู‚ููŠู„ูŽ ุงุฏู’ุฎูู„ูŽุง ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑูŽ ู…ูŽุนูŽ ุงู„ุฏูŽู‘ุงุฎูู„ููŠู†ูŽ

Artinya: "Allah membuat istri Nuh dan istri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang salih di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua istri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikit pun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): 'Masuklah ke dalam Jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam)'." (QS At-Tahrim: 10)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Demikian pula, semua hal yang menjurus dan mengarah pada perzinaan juga dilarang di dalam syariat Islam. Dalilnya antara lain firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุฑูŽุจููˆุง ุงู„ุฒูู‘ู†ูŽุง ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ููŽุงุญูุดูŽุฉู‹ ูˆูŽุณูŽุงุกูŽ ุณูŽุจููŠู„ู‹ุง [ุงู„ุฅุณุฑุขุกุŒ 17: 32]

Artinya: "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk." (QS Al-Israaโ€™: 32)

Baca juga: Agar Tetap Tenang, Bacalah Doa Pikiran Terang Iniย 

Islam sebagai agama yang komprehensif dan telah mengatur hubungan antara laki-laki serta perempuan. Hubungan antara laki-laki maupun perempuan yang sudah menikah ataupun yang belum menikah dengan orang lain yang bukan pasangannya ada yang dibolehkan oleh syariat Islam dan ada yang dilarang.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya