9 Keistimewaan dan Peristiwa Penting di Hari Jumat

Jum'at 20 Agustus 2021 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 330 2458296 9-keistimewaan-dan-peristiwa-penting-di-hari-jumat-rxPlpoaxH5.jpg 9 Keistimewaan Hari Jumat. (Foto: Okezone)

KEISTIMEWAAN Hari Jumat sangat luar biasa. Kata Jumat berasal dari bahasa Arab “Jum'ah” yang berarti berkumpul. Pada hari itu semua laki-laki Islam berkumpul untuk melaksanakan ibadah Sholat Jumat.

Semua aktivitas dihentikan sejenak dan bermunajat kepada Allah SWT. Sesungguhnya akhirat itu lebih baik lagi kekal. Sebagaimana firman Allah SWT.

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Qs. Al-Jumu’ah: 9)

Baca Juga: Sedekah Hari Jumat Ibarat Mengobati Rasa Sakit

Hari Jumat menjadi hari istimewa bagi umat Islam karena terdapat banyak peristiwa besar yang terjadi di hari itu. Berikut telah dirangkum oleh Tim Okezone mengenai beberapa peristiwa besar yang terjadi di Hari Jumat :

1. Pada hari Jumat seluruh mahluk diciptakan, langit, bumi, neraka dan surga menjadi sempurna

Imam Ibnu kasir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa “dan pada hari itulah semua mahluk menjadi sempurna yaitu hari ke enam dimana Allah menciptakan langit dan bumi didalamnya. Hari ke enam adalah hari Jumat, karena kalender islam memulai menghitung hari dari hari Minggu, bukan dari hari Senin seperti kalender masehi."

Rasullullah SAW bersabda: “dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhanya. Pada hari Jumat Allah menciptakan langit dan bumi, dihari itu juga Allah menyelesaikan ciptaanya, dan dihari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka.” (HR. Abu Syaikh)

2. Hari diciptakanya Nabi Adam

Nabi Adam adalah manusia pertama yang Allah ciptakan di bumi. Sebagai mana Rasullullah SAW bersabda : “Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari penciptaan nabi Adam, hari masuk dan keluar surga nabi Adam, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Mengucapkan Salam Sesama Muslim, Begini Tata Cara dan Nilai Pahalanya

Dalam hadis tersebut ada lima hal penting yaitu tentang penciptaan nabi Adam as, hari utama atau hari terbaik terbitnya matahari, hari kiamat akan terjadi pada hari Jumat, Adam as masuk surga pada hari Jumat, dan Allah mengeluarkan Adam dari surga juga pada hari Jumat.

“Pada hari itu (hari Jumat) bapak kalian semua (Nabi Adam as) masuk surga. Dan pada hari itu ia keluar dari surga.” (HR. Imam At thabrani).

3. Hari penyempurnaan ajaran agama Islam

Hari Jumat adalah hari penyempurna ajaran Islam yaitu dengan turunnya Surat Al Maidah ayat 3 dan sebagai ayat terakhir yang diturunkan sebelum Rasullullah SAW wafat.

Allah SWT berfirman: “Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al Maidah :3).

Baca Juga: Child Free Konsep Pernikahan Tak Mau Kehadiran Anak, Bagaimana Menurut Islam?

4. Hari Kesaksian

Didalam Alquran sedikitnya ada tiga hari yang sangat penting yaitu hari kiamat, hari yang disaksikan yaitu hari arafah, dan hari persaksian yaitu hari Jumat.

Seperti yang diriwayatkan oleh Imam At tirmidzi, Rasullullah SAW bersabda: “Hari yang dipastikan datangnya adalah hari kiamat, hari yang disaksikan adalah hari Arafah dan (hari) yang menjadi saksi adalah hari Jumat. Tiadalah matahari terbit dan untuk suatu hari yang lebih utama dari pada hari Jumat. Pada hari tersebut ada suatu waktu dimana seorang hamba yang beriman kepada Allah dengan kebaikan, kecuali Allah akan mengabulkan untuknya, dan memohon perlindungan dari suatu (kepada-Nya) kecuali Allah melindunginya dari sesuatu tersebut.” (HR. Sahih Tirmidzi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya