Membentuk Keluarga Sakinah Harus Diawali Pernikahan yang Sah dan Tercatat

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 330 2460905 membentuk-keluarga-sakinah-harus-diawali-pernikahan-yang-sah-dan-tercatat-4cKHljHD5Q.jpg Membentuk keluarga sakinah dimulai dengan perkawinan yang sah. (Foto: Freepik)

KELUARGA sakinah untuk menuju ke sana harus diawali dengan pernikahan yang sah dan tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. Alasannya agar masing-masing anggota keluarga dapat menjalankan peran sesuai fungsinya dalam suasana kasih sayang untuk mewujudkan rasa aman tentram, damai, dan sejahtera.

“Konsep ini menjadi sesuatu yang penting, mendasar, dan negara sekalipun menginginkan kita membentuk keluarga yang tangguh. Apakah mudah menjadi keluarga sakinah? Mudah atau tidak kewajiban Aisyiyah adalah terus berikhtiar untuk mewujudkannya,” ujar  Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantin.

Baca Juga: Begini Akibat Jika Bersandar Harapan dan Mencari Ridha kepada Manusia

Dinamika kehidupan berkeluarga luar biasa besar tantangannya. Namun dengan pernikahan yang sah yakni tercatat di kantor KUA sedikit banyak akan memberi daya untuk tetap bertahan dan berkembang. Karenanya, kata Siti Noordjannah, Majelis Tarjih tidak menyarankan nikah siri lantaran akan sulit mencapai kesakinahan dalam berkeluarga.

“Ini sangat penting, sehingga tidak perlu diperdebatkan lagi nikah siri, dan lain-lain. Memang sesuatu yang ideal itu membutuhkan ikhtiar. Begitu juga untuk membentuk keluarga yang sakinah, tentram dan damai,” ungkap istri Haedar Nashir ini.

Baca Juga: 5 Cara Sukses Nabi Muhammad SAW Berbisnis

Mengutip QS Ar-Rum ayat 21 sebagai Landasan keluarga sakinah, Allah Swt berfirman: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Rasa kasih sayang ini yang tentu yang harus ditumbuhsuburkan dalam situasi apapun, karena berkasih sayang tidak mengenal strata sosial, siapa pun bisa berkasih sayang sebab tumbuh alami yang diberikan Allah,” terang mantan Ketua Umum Nasyiatul Aisyiyah PP Muhammadiyah periode l990-l995 ini melansir laman Muhammadiyah, Rabu (25/8/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya