Muslimin Diperintahkan Makan Makanan yang Ada di Dekat Terlebih Dahulu, Ternyata Ini Hikmahnya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 330 2461289 muslimin-diperintahkan-makan-makanan-yang-ada-di-dekat-terlebih-dahulu-ternyata-ini-hikmahnya-MZwRAAGWWn.jpg Ilustrasi makan makanan yang ada di dekat terlebih dahulu. (Foto: Rawpixel/Freepik)

AJARAN Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mencakup banyak hal. Salah satunya memerintahkan makan makanan yang lokasinya ada di dekat terlebih dahulu. Tapi ini tentunya diawali dengan membaca Bismillah serta memakannya menggunakan tangan kanan.

Seperti dinukil dari laman Muslim.or.id, Umar bin Abi Salamah meriwayatkan, "Suatu hari aku makan bersama Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam, dan aku mengambil daging yang berada di pinggir nampan, lantas Nabi bersabda, 'Makanlah makanan yang berada di dekatmu'." (HR Muslim Nomor 2022)

Baca juga: Rasulullah Perintahkan Makan Pakai Tangan Kanan, Ini Keutamaannya 

Hikmah dari larangan mengambil makanan yang berada di hadapan orang lain adalah perbuatan kurang sopan. Bahkan, bisa jadi orang lain merasa tidak suka dengan perbuatan itu.

Ilustrasi makan makanan yang ada di dekat terlebih dahulu. (Foto: Freepik)

Anas bin Malik meriwayatkan, "Ada seorang penjahit yang mengundang Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam untuk menikmati makanan yang ia buat. Aku ikut pergi menemani Nabi. Orang tersebut menyuguhkan roti yang terbuat dari gandum kasar dan kuah yang mengandung labu dan dendeng. Aku melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam selalu mengambil labu yang berada di pinggir nampan." (HR Bukhari Nomor 5436 dan Muslim Nomor 2041)

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Bukti-Bukti Pemuda Ashabul Kahfi Tidur 309 Tahun di Gua 

Kalau melihat hadis ini, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pernah tidak hanya memakan makanan yang berada di dekat beliau, tetapi juga di depan orang lain. Sehingga untuk kompromi dua hadis tersebut, Ibnu Abdil Bar dalam at-Tamhiid Jilid I halaman 277, mengatakan:

"Jika dalam satu jamuan ada dua jenis atau beberapa macam lauk, atau jenis makanan yang lain, maka diperbolehkan untuk mengambil makanan yang tidak berada di dekat kita. Apabila hal tersebut dimaksudkan untuk memilih makanan yang dikehendaki. Sedangkan maksud Nabi, 'Makanlah makanan yang ada di dekatmu' adalah karena makanan pada saat itu hanya satu jenis saja. Demikian penjelasan para ulama."

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya