Lupa Baca Bismillah saat Makan, Ini yang Harus Dilakukan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 616 2456318 lupa-baca-bismillah-saat-makan-ini-yang-harus-dilakukan-sygKh2MOfZ.jpg Ilustrasi membaca doa Bismillah sebelum makan. (Foto: Freepik)

SEBAGAI seorang Muslim, sebelum makan diajarkan untuk berdoa membaca Bismillah. Ini menjadi perisai untuk melindungi diri dari bahaya serta meraih keberkahan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Bisa saja saat makan, seseorang lupa membaca doa Bismillah. Entah karena sudah lapar atau aroma makanan yang lezat membuat ia terburu-buru ingin menyantapnya sehingga lupa mengucapkan Bismillah.

Baca juga: Kiat-Kiat Hijrah ala Ustadz Khalid Basalamah, Pahami Dulu Keutamaan Ibadah 

Lalu, bagaimana jika seorang sudah telanjur makan tapi lupa membaca doa Bismillah? Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA membagikan solusinya. Apabila seorang Muslim lupa membaca Bismillah sebelum makan, hendaknya ia mengucapkan Bismillahi awwalahu wa aakhirohu.

Hal ini berdasarkan riwayat dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: "Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: 'Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)'."

(HR Abu Daud Nomor 3767 dan At Tirmidzi Nomor 1858. At Tirmidzi mengatakan hadis tersebut hasan sahih. Syekh Al Albani mengatakan bahwa hadis tersebut sahih)

"Jika ia lupa menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala di awal ia makan, setan buat dia lupa," tutur Ustadz Khalid, seperti dikutip dari kanal YouTube Khalid Basalamah Official, Senin (18/6/2021).

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah Ajak Masyarakat Vaksinasi: Kemaslahatan bagi Semua 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Apakah Cukup dengan Ucapan Bismillah?

Dalam Kitab Al Adzkar, Imam An Nawawi rahimahullah menyebutkan, "Suatu hal yang patut diperhatikan, bagaimanakah ucapan tasmiyah yang dimaksud dan apa kadar tasmiyah yang mencukupi. Ketahuilah bahwa yang lebih afdhol, hendaklah mengucapkan 'Bismillahir rohmanir rohiim'."

Jika hanya mengucapkan Bismillah, maka itu juga sudah mencukupi dan sudah dianggap menjalankan sunah. Bacaan ini boleh diucapkan oleh orang yang junub, wanita haid, dan lainnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah: Bila Manusia Selamat Itu karena Allah Ta'ala 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya