Yuk Ketahui Keutamaan Makan Gunakan Tangan Kanan Sesuai Perintah Rasulullah

Hantoro, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 09:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 330 2418747 yuk-ketahui-keutamaan-makan-gunakan-tangan-kanan-sesuai-perintah-rasulullah-yiAssfQ3T9.jpg Ilustrasi makan. (Foto: Shutterstock)

RASULULLAH Shallallahu 'alaihi wassallam memerintahkan setiap Muslim untuk makan menggunakan tangan tangan. Banyak keutamaan yang bisa didapat dari kebiasaan baik ini.

Dikutip dari laman Muslim.or.id, Rabu (2/6/2021), perintah makan dengan tangan kanan tersebut berdasarkan riwayat dari Jabir bin Aabdillah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena setan itu juga makan dengan tangan kiri." (HR Muslim Nomor 2019)

Baca juga: Hukum Baca Bismillah Sebelum Makan, Sunah atau Wajib Ya? 

Dari Umar Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jika salah seorang di antara kalian hendak makan maka hendaknya makan dengan menggunakan tangan kanan, dan apabila hendak minum maka hendaknya minum juga dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan itu makan dengan tangan kiri dan juga minum dengan menggunakan tangan kirinya." (HR Muslim Nomor 2020)

Imam Ibnul Jauzi mengatakan, "Karena tangan kiri digunakan untuk cebok dan memegang hal-hal yang najis dan tangan kanan untuk makan maka tidak sepantasnya salah satu tangan tersebut digunakan untuk melakukan pekerjaan tangan yang lain." (Kasyful Musykil, halaman 2/594)

Makan. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Dalam riwayat dari Salamah bin Akwa Radhiyallahu ‘anhu, beliau bercerita bahwa ada seorang yang makan dengan menggunakan tangan kiri di dekat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Melihat hal tersebut, Nabi bersabda:

"Makanlah dengan tangan kananmu. 'Aku tidak bisa makan dengan tangan kanan,' sahut orang tersebut. Nabi lantas bersabda, 'Engkau memang tidak biasa menggunakan tangan kananmu.' Tidak ada yang menghalangi orang tersebut untuk menuruti perintah Nabi, kecuali kesombongan. Oleh karena itu orang tersebut tidak bisa lagi mengangkat tangan kanannya ke mulutnya." (HR Muslim Nomor 2021)

Baca juga: Makan dengan Tangan Kiri, Bagaimana Hukumnya? 

Meski demikian, terdapat alasan yang bisa dibenarkan yang menyebabkan seseorang tidak bisa menikmati makanan dengan tangan kanannya karena suatu penyakit atau sebab lain, maka diperbolehkan makan dengan menggunakan tangan kiri.

Dalilnya firman Allah: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS Al Baqarah: 286)

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya