Share

Menjaga Kesehatan Cara Rasulullah SAW dengan Cara Berolahraga

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 330 2464920 menjaga-kesehatan-cara-rasulullah-saw-dengan-cara-berolahraga-HRcyoW1Zbe.jpg Berkuda serta memanah adalah bagian olahraga yang disukai Rasulullah SAW. (Foto: Dok)

MENJAGA kesehatan cara Rasulullah SAW yang dapat diteladani yakni pola makan dan olahraga yang teratur dan rutin. Pola makan dan olahraga adalah dua modal utama agar tubuh tetap menjadi sehat dan tidak mudah sakit.

Nah olahraga yang disukai Rasulullah SAW yakni;

1. Berlari

Lari adalah salah satu olahraga paling praktis dan mudah. Bahkan menurut survei, mereka yang menyempatkan berlari sebelum bekerja, melakukan lebih sedikit kesalahan dan lebih berkonsentrasi, sehingga bekerja lebih produktif.

Baca Juga: 6 Keutamaan Memberi Nafkah Keluarga

Rasulullah SAWmengiyakan ketika para sahabat ingin mengadakan lomba lari. Bahkan, Rasulullah SAW. sendiri melakukannya dengan istrinya Aisyah.

Aisyah mengatakan,

“Rasulullah SAW bertanding denganku dan aku menang. Kemudian aku berhenti, sehingga ketika badanku menjadi agak gemuk, Rasulullah Saw. bertanding lagi denganku dan ia menang.”(HR. Ahmad dan Abu Daud)

Baca Juga: Mencari Menantu yang Ideal, Begini Kreterianya

3. Dalam sebuah Riwayat dikatakan, ‘Olahraga yang paling digemari oleh para sahabat adalah gulat. Dan baginda Nabi Shalallahu alaihi wa sallam memotivasi mereka untuk bergulat selepas Sholat Asar atau selepas Sholat Dhuha.

4. Sering Nabi Muhammad SAW melatih para sahabat melempar tombak, memanah, dan memainkan pedang, serta menunggangi kuda, sebagaimana kuda itu berlari, dan mereka disuruh loncat ke atasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

5. Jalan Cepat

Berjalan adalah rutinitas Rasulullah. Beliau terbiasa jalan kaki ke mana pun, seperti masjid, pasar atau berkunjung ke rumah sahabat.

Beliau berjalan begitu cepat, bahkan cara berjalan Nabi dalam hadits disebutkan seolah-olah berjalan di jalan menurun. Sehingga para sahabat perlu bersusah payah untuk mengikuti langkah beliau.

“Tiada satu pun kulihat lebih indah daripada Rasulullah Saw. Seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tiada seorang pun yang kulihat lebih cepat jalannya daripada Rasulullah Saw. seolah-olah bumi ini dilipat untuknya. Sungguh, kami harus bersusah payah melakukan hal itu, sedang Rasulullah tidak memedulikannya.”(HR. Tirmidzi)

6. Berenang

Dari Jabir bin Abdillah Rasulullah Saw. bersabda,

“Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang. (HR. An-Nasa’i).

Renang adalah olahraga air yang menggerakkan seluruh bagian tubuh, mulai dari kepala hingga kaki. Renang sangat baik, terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Selain itu, renang juga baik untuk membantu menstabilkan pernafasan dan olahraga yang cocok untuk program diet. Diperkirakan, kalori tubuh bisa terbakar hingga 24% setelah berenang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini