3 Tips Membentuk Akhlakul Karimah, Simak Penjelasan Aa Gym Berikut Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 02 September 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 02 616 2464942 3-tips-membentuk-akhlakul-karimah-simak-penjelasan-aa-gym-berikut-ini-F9vZRWjwpE.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto: YouTube Aagym Official)

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym mengatakan persoalan akhlak atau moral senantiasa mewarnai kehidupan manusia dari masa ke masa. Termasuk di dalamnya keberadaan para Rasul sebagai utusan Allah Subhanahu wa ta'ala.

Aa Gym mengatakan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah ditanya mengapa beliau diutus ke bumi? Jawaban beliau sederhana, "Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak." (HR Abu Hurairah)

Baca juga: 5 Cara Ketahui Orang Jujur atau Pendusta, Simak Penjelasan Aa Gym Berikut Ini 

"Jadi kalau Anda ingin tahu siapa orang yang paling bagus Islam-nya, paling kuat imannya, khusyuk ibadahnya, banyak pahalanya, tinggi derajatnya? Akhlaknya," jelas Aa Gym, dikutip dari tausiyah di kanal YouTube Daily Vlog Aa Gym, Kamis (2/9/2021).

Ia melanjutkan, sesungguhnya akhlak datang dari hati, hati yang tidak punya tuhan lain yang diibadahi selain Allah Subhanahu wa ta'ala. Hati yang tidak diperbudak dunia, kesombongan, kemunafikan, ujub, kedengkian, dan riya.

Ilustrasi akhlakul karimah Muslim. (Foto: Unsplash)

"Makin bersih hati, makin mulia akhlak," jelas Aa Gym.

Dia menerangkan, berbicara mengenai membentuk akhlakul karimah, setidaknya ada tiga hal yang harus dimiliki setiap Muslim:

Baca juga: Amalkan Zikir Ini Agar Allah Ta'ala Memudahkan Urusan 

1. Pastikan diri aman untuk orang lain

Hal pertama adalah memastikan bahwa diri sendiri aman bagi orang lain. "Pastikan ucapan dan sikap kita tidak membuat orang terganggu dalam bentuk apa pun," tutur Aa Gym.

2. Menyenangkan bagi orang lain

Hal kedua adalah "saya menyenangkan bagimu". Maksudnya, di mana pun berada, usahakan orang lain senang, minimal dengan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Bermanfaat bagi orang lain

Hal ketiga adalah "saya bermanfaat bagimu". Karena sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang paling banyak manfaatnya.

"Kita belajar supaya hidup ini tambah manfaat. Puncaknya akhlak adalah dia tidak merugikan siapapun, menyenangkan, dan bermanfaat," tukasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jangan Sampai Bangkrut di Akhirat Kelak, Yuk Ikuti Tips dari Aa Gym Ini 

Ilustrasi akhlakul karimah Muslim. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya