Aa Gym Ungkap 4 Adab Becermin yang Bisa Jadi Ladang Pahala

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 616 2475170 aa-gym-ungkap-4-adab-becermin-yang-bisa-jadi-ladang-pahala-laJmhFt9zO.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto: Instagram @aagym)

BECERMIN adalah kebiasaan yang sering dilakukan manusia dalam kegiatan sehari-hari, terutama wanita. Ini karena wanita senang merias diri dan ingin memberikan penampilan terbaik dalam setiap kesempatan.

Dalam Islam pun becermin memiliki banyak ketentuan. Bisa jadi mubah, bisa jadi amal, juga bisa menjadi dosa. Ini dilakukan tergantung niat dan caranya.

Baca juga: Amalkan Zikir Ini agar Allah Ta'ala Memudahkan Urusan 

Oleh karena itu, KH Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym menjelaskan adab-adab becermin menurut ajaran agama Islam yang bisa menjadi amal baik serta mendapatkan pahala.

Berikut ini empat adab becermin dalam Islam, seperti dikutip dari kanal Youtube Aa Gym Daily Vlog, Rabu (22/9/2021).

Ilustrasi adab-adab bercermin. (Foto: Daytonfurniture)

1. Niat mensyukuri

Sebagai umat Islam sudah sebaiknya kita melakukan sesuatu karena Allah Subhanahu wa ta'ala. Bersyukurlah karena diciptakan sebagai manusia, bukan hewan ataupun iblis.

Baca juga: 5 Cara Ketahui Orang Jujur atau Pendusta, Simak Penjelasan Aa Gym Berikut Ini 

2. Merenungi dosa

Saat becermin, coba lihatlah wajah Anda dan bertanya pada diri sendiri, apakah wajah ini nanti bercahaya di surga? Atau, hangus membara terbakar api neraka?

"Tubuh ini akan bersaksi dengan apa yang sudah kita lakukan. Dengan becermin, kita bisa jujur melihat zinah mata, mulut, pikiran," jelas Aa Gym.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Bertekad

Mau diapakan tubuh titipan Allah Subhanahu wa ta'ala ini? Manusia diberi tubuh yang bagus dan sempurna. Semua organ berfungsi dengan baik. Maka ada baiknya berdoa agar disempurnakan juga akhlak diri.

"Itulah doa yang harus kita mohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, sambil hati ini bertekad, insya Allah mata ini akan terjaga untuk melihat hal yang diharamkan, pikiran kita terjaga hanya untuk berpikir apa yang Allah sukai," tutur Aa Gym.

Baca juga: Jangan Sampai Bangkrut di Akhirat Kelak, Yuk Ikuti Tips dari Aa Gym Ini 

4. Dzikrullah

Aa Gym mengatakan becermin berarti tenggelam dalam rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Becermin adalah sarana merenungi dosa dan tobat atas tubuh ini.

"Becermin juga menjadi tekad dan doa agar sisa umur ini bisa dipenuhi dengan kebaikan. Sehingga, akhir hayat kita semua husnulkhatimah," tuturnya.

"Mudah-mudahan dengan becermin seperti itu akan menjadi amal salih," tukas Aa Gym.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya