Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Warisan Terbaik Rasulullah, Apa Itu?

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 330 2476292 ustadz-khalid-basalamah-ungkap-warisan-terbaik-rasulullah-apa-itu-4yQpiDKsBq.jpg Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA. (Foto: YouTube Deddy Corbuzier)

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengungkapkan bahwa kebanyakan orang ketika mendengar kata warisan pasti akan berpikir sebuah tanah, emas, uang, rumah, ataupun harta lainnya. Namun tahukah Anda, apa warisan paling berharga dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam?

Dikutip dari video di kanal YouTube-nya Khalid Basalamah Official, Jumat (24/9/2021), dikisahkan suatu hari Abu Hurairah, sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, melihat kondisi masjid yang kosong tidak ramai seperti zaman Nabi Muhammad dahulu.

Baca juga: Ingin Melawan Hawa Nafsu Keburukan? Ikuti Tips Ustadz Khalid Basalmah Ini 

Banyak orang sibuk beramai-ramai di pasar. Mereka pergi ke masjid hanya saat waktu sholat. Mereka sudah tidak mau lagi duduk untuk berzikir, membaca kitab suci Alquran, ataupun menuntut ilmu. Kemudian Abu Hurairah pun pergi ke pasar Madinah lalu berkata:

"Wahai Muslimin, sesungguhnya warisan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sedang dibagi-bagi. Kenapa saya lihat kalian masih ada di pasar ini?"

"Di mana wahai Abu Hurairah?" tanya penduduk pasar.

"Di Masjid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam," jawab Abu Hurairah.

Baca juga: Mengapa Surat At-Taubah Tidak Dimulai dengan Basmalah? 

Mereka berpikir warisan itu berupa pedang, sandal, piring, baju, atau barang-barang Nabi lainnya. Mereka pun segera pergi ke masjid, dan Abu Hurairah menunggu sendiri di pasar.

"Saya akan menunggu kalian di sini, menjaga barang-barang kalian," kata Abu Hurairah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Seluruh penduduk pasar pun pergi ke masjid. Begitu tiba, mereka tidak menemukan adanya pembagian harta atau benda-benda seperti dibayangkan. Mereka merasa kecewa dan dibohongi.

Mereka pun kembali ke pasar dan bertanya kepada Abu Hurairah. "Wahai Abu Hurairah, kami tidak temukan apa yang kamu katakan."

Baca juga: Sedekah Kok Malah Bikin Kaya Raya? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah 

"Apa yang kalian temukan?" tanya Abu Hurairah.

Mereka pun menjawab ada orang yang sedang sholat, berzikir, membaca Alquran, serta berdoa. Mendengar jawaban itu, Abu Hurairah pun menjawab, "Celakalah kalian! Itulah warisan Nabi yang kalian tinggalkan."

Baca juga: Waspada, Ini 3 Golongan Manusia yang Tidak Diajak Bicara Allah pada Hari Kiamat 

Dari cerita tersebut dapat dipetik hikmah bahwa apa pun yang dimiliki di dunia akan ditinggalkan nantinya saat meninggal, kecuali amal ibadah.

"Kita lahir di muka bumi dalam keadaan telanjang badan dan dibungkus dengan satu kain saja. Pada saat kita lahir di muka bumi ini dan begitu juga pada saat meninggal. Tidak ada lagi yang kita bawa, semuanya hanya kenangan, kecuali amalnya," tutur Ustadz Khalid Basalamah.

Selain itu, dalam hadis riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sesungguhnya mereka hanyalah mewariskan ilmu, maka barang siapa yang telah mengambil ilmu yang banyak, ia telah mengambil bagian yang banyak."

Baca juga: Berbakti kepada Orangtua Wujud Syukur atas Nikmat Allah Ta'ala 

Oleh karena itu, sangat penting bagi kaum Muslimin dalam menimba ilmu. Ilmu lebih penting daripada harta. Dengan ilmu, seseorang dapat menjalani kehidupannya dengan selamat, baik di dunia maupun di akhirat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya