Tokoh Muslim Dunia: Al Farabi sang Guru Kedua Filsafat Sekaligus Ilmuwan Teknologi

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 614 2485455 tokoh-muslim-dunia-al-farabi-sang-guru-kedua-filsafat-sekaligus-ilmuwan-teknologi-TpsTERwaEG.jpg Tokoh Muslim dunia Al Farabi. (Foto: Shutterstock)

TOKOH Muslim dunia kali ini lebih mengenal sosok Al Farabi. Ia memiliki nama lengkap Abu Nasir Muhammad bin Al Farakh al Farabi atau lebih singkat dikenal sebagai Al Farabi. Dia adalah seorang ilmuwan dan filsuf Islam yang berasal dari Farab, Kazakhstan.

Al Farabi juga dikenal dengan nama Abu Nasir al-Farabi. Dalam beberapa sumber, ia dikenal sebagai Abu Nasr Muhammad Ibn Muhammad Ibn Tarkhan Ibn Uzalah al Farabi, juga dikenal di dunia Barat sebagai Alpharabius, Al Farabi, Farabi, dan Abunasir.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Fatima Al Fihri sang Pendiri Universitas Tertua di Dunia 

Ada yang mengatakan Al Farabi sebagai pengikut Syi’ah Imamiyah, tetapi pendapat ini tidak kuat dan hanya didasarkan pada teks dalam salah satu karyanya yang mengatakan seorang filsuf-raja sama dengan seorang imam. Hal ini pun didukung oleh fakta bahwa Al Farabi terpaksa melarikan diri ke Aleppo tahun 330 Hijriah/945 Masehi saat Dinasti Buyid yang cenderung Syiah menaklukkan Baghdad yang Suni.

Tokoh Muslim dunia Al Farabi. (Foto: Shutterstock)

Sosok Al Farabi dikenal sebagai imuwan di bidang filosofi yang memisahkannya dari paham teologi. Al Farabi lahir pada tahun 870 Masehi. Ia wafat pada tahun 950 Masehi.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Khaldun Sejarawan Terkemuka Penulis Kitab Muqaddimah 

Al Farabi menyelesaikan pendidikannya di Farab dan Bukhara, namun kemudian pindah ke Baghdad untuk menimba ilmu yang lebih tinggi. Hal itu terjadi saat ia memperoleh gelar master di bidang bahasa dan menguasai beberapa cabang pengetahuan lainnya serta teknologi.

Dikutip dari laman Famous Scientist, Al Farabi memiliki kontribusi dan jasa di bidang sains, filsafat, logika, sosiologi, pengobatan, matematika, dan musik. Namun yang menjadi bidang fokusnya adalah filsafat, logika, dan sosiologi yang juga dikenal sebagai ensiklopedis.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dikarenakan kecenderungannya terhadap pemikir Yunani Plato dan Aristoteles, Al Farabi dijuluki sebagai guru kedua filsafat oleh orang-orang di sekitarnya. Ia percaya bahwa terdapat kekuatan mahatinggi yang telah menciptakan dunia melalui latihan kecerdasan yang seimbang.

Berkat pemikiranya tentang logika, Al Farabi memiliki perhatian khusus terhadap hal yang rasional dan menganggap logika sebagai bagian dari diri manusia yang abadi.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Zahrawi sang Bapak Operasi Bedah Asal Kordoba 

Salah satu karya Al Farabi yang mengandung klasifikasi ilmu antara lain kitab 'Ihsa al Ulum' yang terserap dari epistemologi aliran Neoplatonisme dan Aristoteles.

Setelah bepergian ke berbagai daerah untuk mendapatkan pengalaman dan memberikan kontribusi dalam ilmu pengetahuan, ia kemudian meninggal pada usia 80 tahun di Damaskus.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Berke Khan sang Penakluk Jenderal Penindas dari Mongol 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya