5 Adab Memuliakan Orangtua Menurut Aa Gym, Salah Satunya Dahulukan Ucap Salam

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 616 2485767 5-adab-memuliakan-orangtua-menurut-aa-gym-salah-satunya-dahulukan-ucap-salam-hirxgMyK9U.jpg Aa Gym membagikan adab-adab memuliakan orangtua. (Foto: Aa Gym Daily Vlog)

ADAB kepada orangtua sangat penting diketahui setiap kaum Muslimin. Kiai Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym menegaskan bahwa agama Islam selalu menekankan pentingnya adab terutama kepada orangtua.

Aa Gym menerangkan, tidak hanya terhadap orangtua kandung, memuliakan orang yang lebih tua pun harus dilakukan. Hal ini merupakan tanda kualitas keimanan dan akhlak seorang Muslim.

Baca juga: 5 Adab Menjenguk Orang Sakit Menurut Ajaran Islam 

"Walaupun kita sekolah tinggi, berilmu banyak, ada satu hal yang tak terkejar oleh kita, selaku orang yang lebih muda usianya, adalah amal. Karena boleh jadi makin panjang usia, lebih memperbanyak amalnya, lebih banyak pengalamannya, lebih banyak kebaikannya, dibanding kita. Karena waktu tidak bisa kejar. Oleh karena itu, kerjalah kemuliaan dengan memuliakan orang-orang yang lebih tua," terangnya, dikutip dari kanal YouTube Aa Gym Daily Vlog, Rabu (13/10/2021).

Aa Gym pun membagikan adab-adab menghormati orang tua. Berikut telah Okezone rangkum lima adab menghormati orangtua.

Ilustrasi adab-adab memuliakan orangtua. (Foto: Freepik)

Baca juga: 5 Kiat Menjemput Rezeki yang Berkah Menurut Aa Gym 

1. Hormat

Setiap Muslim harus selalu menempatkan diri di depan orangtua. Hormatilah orang yang lebih tua, sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

إِنَّ مِنْ إِجْلَالِ اللهِ إِكْرَامَ ذِي الشَّيْبَةِ الْمُسْلِمِ وَحَامِلِ الْقُرْآنِ غَيْرَ الْغَالِي فِيْهِ وَالْجَافِي عَنْهُ وَإِكْرَامَ ذِي السُّلْطَانِ الْمُقْسِطِ

"Sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah adalah menghormati seorang Muslim yang beruban (sudah tua), pembawa Alquran yang tidak berlebih-lebihan padanya (dengan melampaui batas) dan tidak menjauh (dari mengamalkan) Alquran tersebut, serta memuliakan penguasa yang adil." (HR Abu Dawud)

Baca juga: Aa Gym Ungkap 4 Adab Becermin yang Bisa Jadi Ladang Pahala 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Mendahulukan mengucap salam

Salam merupakan bagian dari doa. Oleh karena itu, Aa Gym mengatakan bahwa mengucapkan salam tidak cukup hanya dengan lisan, melainkan harus dengan tulus dan sepenuh hati.

Kemudian Aa Gym juga mengimbau umat Islam untuk selalu mendahulukan orang yang lebih tua dalam memulai pembicaraan. Jangan memotong pembicaraan orangtua sebelum dipersilakan untuk berbicara. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Hendaknya yang muda memberi salam kepada yang lebih tua. Yang berjalan hendaknya memberi salam kepada yang duduk. Dan yang sedikit memberi salam kepada yang banyak." (HR Bukhari)

Baca juga: Ngantuk Jangan Sembarang Tidur, Ketahui 7 Adabnya Menurut Islam 

3. Selalu mendahulukan

Dahulukanlah orang yang lebih tua dalam berbagai kesempatan. Misalnya saat masuk ke masjid, lalu ada orang yang lebih tua, maka bukakanlah pintu tersebut dan dahulukan orang yang lebih tua. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

أَمَرَنِي جِبْرِيلُ أَنْ أُقَدِّمَ الأَكَابِرَ

"Jibril memerintahkan aku untuk mengutamakan orang-orang tua." (HR Al Baihaqi)

Baca juga: 5 Adab Senyum Menurut Ajaran Islam, Bisa Hadirkan Pahala Besar 

4. Merawat

Lakukanlah hal apa pun yang membuat orang yang lebih tua menjadi lebih terawat. Misalnya, keilmuannya, keimanannya, dan juga fisiknya. Jangan sungkan untuk mengantar ataupun membelikan sesuatu yang diperlukan, sehingga orang yang lebih tua, yang sudah makin terbatas kemampuannya, bisa lebih terawat.

Baca juga: Aa Gym Ungkap 7 Adab Mencari Ilmu Supaya Lebih Diberkahi Allah Ta'ala 

5. Menghargai orangtua

Aa Gym menegaskan untuk menjadi anak atau orang muda yang lebih menghargai orangtua. Jangan pernah menganggap remeh orangtua hanya karena kita memiliki ilmu yang lebih tinggi. Sama halnya saat kita memiliki jabatan yang tinggi di dunia. Apa pun alasannya, kita tidak boleh menjadi orang yang suul adab.

Di akhir video, Aa Gym berpesan kepada umat Islam untuk selalu menjaga adab serta akhlak kepada orang yang lebih tua. Setinggi apa pun jabatan maupun ilmu yang kita miliki, semua itu hanyalah titipan Allah Subhanahu wa ta'ala di dunia.

"Setinggi apa pun ilmu yang kita miliki, sehebat apa pun ibadah yang kita lakukan, atau jabatan, kekuasaan yang Allah titipkan, tetaplah menjadi seseorang yang sangat menjaga adab dan akhlak kepada orang yang lebih tua," tutupnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 3 Tips Membentuk Akhlakul Karimah, Simak Penjelasan Aa Gym Berikut Ini 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya