Sholat Berjamaah di Masjidil Haram Kini Bisa Rapat Lagi

Hantoro, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 614 2487823 sholat-berjamaah-di-masjidil-haram-kini-bisa-rapat-lagi-CoCIwQnziU.jpg Sholat berjamaah di Masjidil Haram kini bisa saling rapat lagi. (Foto: Twitter @hsharifain)

KABAR baik. Sholat berjamaah di Masjidil Haram kini bisa rapat lagi. Hal ini setelah Pemerintah Arab Saudi resmi mencabut aturan menjaga jarak sosial saat sholat berjamaah di dua masjid suci. Namun, jamaah yang diizinkan beribadah di sana harus memenuhi syarat sudah divaksinasi dan tetap memakai masker wajah.

"Ini sejalan dengan keputusan untuk melonggarkan tindakan pencegahan dan mengizinkan jamaah serta pengunjung Masjidil Haram dengan kapasitas penuh," lapor kantor berita SPA.

Baca juga: Masjidil Haram Resmi Dibuka untuk Sholat Berjamaah Kapasitas Penuh 

Masjidil Haram. (Foto: Twitter @HaramainInfo)

Tampak pada hari Ahad pagi jamaah sholat berdampingan dalam shaf yang lurus untuk pertama kalinya sejak pandemi covid-19 berlangsung tahun lalu. Sementara bangunan suci Kakbah tetap dibatasi dengan pagar dan dijaga petugas. Demikian dikutip dari laman Al Jazeera, Senin (18/10/2021).

Pihak Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan pelonggaran aturan terkait covid-19 dilakukan mulai 17 Oktober 2021. Ini berkat penurunan tajam kasus harian covid-19 dan kemajuan besar dalam jumlah vaksinasi.

Baca juga: Khotbah di Masjidil Haram Akan Disiarkan dalam Bahasa Internasional 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pihak berwenang juga memperbolehkan orang yang sudah divaksinasi mengunjungi tempat-tempat tertutup, pertemuan, transportasi, restoran, hingga bioskop. Masker tidak lagi wajib digunakan di tempat-tempat umum terbuka, tapi masih harus dikenakan di tempat-tempat tertutup.

Baca juga: 7 Pemimpin Negara yang Pernah Masuk Kakbah, 3 di Antaranya dari Indonesia 

Selanjutnya, penggemar olahraga yang telah divaksinasi secara penuh akan diizinkan pertandingan di semua stadion dan fasilitas olahraga lainnya.

Otoriatas Arab Saudi sendiri melaporkan lebih dari 547.000 kasus virus corona dan 8.760 kematian akibat wabah penyakit ini.

Baca juga: 7 Benda di Dalam Kakbah yang Tidak Banyak Diketahui 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya