Tokoh Muslim Dunia: Jabir bin Hayyan sang Bapak Kimia Modern

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 614 2489367 tokoh-muslim-dunia-jabir-bin-hayyan-sang-bapak-kimia-modern-00LonAQHkA.jpg Tokoh Muslim dunia Jabir bin Hayyan sang Bapak Kimia Modern. (Foto: Wikimedia)

TOKOH Muslim dunia kali ini membahas sosok Jabir bin Hayyan. Ia memiliki nama lengkap Abu Musa Jabir bin Hayyan atau dikenal dengan nama Geber di dunia Barat. Dia merupakan seorang polymath terkemuka; kimiawan, alkimiawan, ahli astronomi dan astrologi, insinyur, ahli bumi, ahli filsafat, ahli fisika, apoteker, dan dokter.

Jabir bin Hayyan dilaporkan lahir di Kota Kuffah, Irak, pada tahun 750 Masehi; dan wafat pada tahun 803M. Kontribusi terbesar Jabir adalah di bidang kimia. Keahliannya ini didapat setelah berguru kepada Imam Ja'far bin Muhammad As-Shadiq, keturunan kelima dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, pada masa pemerintahan Manshur Addawaniqy di Baghdad.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Idrisi Ahli Geografi Pembuat Peta Dunia Pertama 

Ia mengembangkan teknik eksperimentasi sistematis di dalam maupun di luar penelitian kimia, sehingga setiap eksperimen dapat direproduksi kembali. Jabir menekankan bahwa kuantitas zat berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi, sehingga dapat dianggap Jabir telah merintis ditemukannya hukum perbandingan tetap.

Tokoh Muslim dunia Jabir bin Hayyan sang Bapak Kimia Modern. (Foto: Islamicmotion)

Kontribusi lainnya antara lain dalam penyempurnaan proses kristalisasi, distilasi, kalsinasi, sublimasi dan penguapan, serta pengembangan instrumen untuk melakukan proses-proses tersebut.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Farabi sang Guru Kedua Filsafat Sekaligus Ilmuwan Teknologi 

Dikutip dari 'Buku 1001 Penemuan dan Fakta Memesona Peradaban Muslim', dijelaskan bahwa temuan dalam bidang kimia oleh Jabir membuktikan ulama di masa lalu tidak hanya pandai dalam ilmu-ilmu agama, tetapi sekaligus juga menguasai ilmu-ilmu umum.

Menurut sejarawan Barat Philip K Hitti dalam buku 'History of the Arabs', sesudah ilmu kedokteran, astronomi, dan matematika, bangsa Arab memberikan sumbangan yang terbesar di bidang kimia. Berkat penemuan tersebut, Jabir dijuluki sebagai "Bapak Kimia Modern".

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Jabir membuat instrumen pemotong, peleburan dan pengkristalan. Ia juga menyempurnakan proses dasar sublimasi, penguapan, pencairan, kristalisasi, pembuatan kapur, penyulingan, pencelupan, pemurnian, sematan (fixation), amalgamasi serta oksidasi-reduksi.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Fatima Al Fihri sang Pendiri Universitas Tertua di Dunia 

Dia menyiapkan tekniknya dan dapat membedakan antara penyulingan langsung menggunakan bejana basah serta penyulingan tidak langsung dengan bejana kering. Jabir merupakan yang pertama yang mengklaim bahwa air dapat dimurnikan dengan cara penyulingan.

Jabir memodifikasi dan mengoreksi teori Aristoteles mengenai dasar logam yang tetap tidak berubah sejak awal abad ke-18 Masehi. Dalam setiap karyanya, Jabir terlebih dahulu melakukan riset dan percobaan. Metode inilah yang mengantarkannya menjadi ilmuwan besar Islam yang mewarnai renaissance dunia Barat.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Ibnu Khaldun Sejarawan Terkemuka Penulis Kitab Muqaddimah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya