Hari Santri 2021, Menag Apresiasi Kemampuan Pesantren Atasi Dampak Covid-19

Widya Michella, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 614 2490182 hari-santri-2021-menag-apresiasi-kemampuan-pesantren-atasi-dampak-covid-19-eA6CqWJwtF.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas di momen Hari Santri 2021 ini mengapresiasi pesantren yang mampu mengatasi dampak pandemi covid-19. (Foto: Kemenag)

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pada Hari Santri 2021 dengan tema 'Santri Siaga Jiwa Raga' menjadi sangat penting serta relevan di era pandemi covid-19 seperti sekarang. Sebab, kalangan santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan.

Hal ini juga, menurut Menag, perlu diperhatikan oleh masyarakat Indonesia secara umum agar tetap menyiagakan jiwa serta raganya demi kepentingan bangsa Indonesia, terutama dalam rangka bersama-sama bangkit dari dampak pandemi covid-19.

Baca juga: Hari Santri 2021, Menag Kenang Resolusi Jihad KH Hasyim Asy'ari 

"Kita patut mengapresiasi pengalaman beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi covid-19. Ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan menghadapi pandemi covid-19 di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimiliki," kata Menag dalam Upacara Bendera Hari Santri 2021 yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemenag RI, Jumat (22/10/2021).

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

"Modal utama adalah tradisi dan sikap kehati-hatian yang selama ini diajarkan oleh para pimpinan pesantren kepada santri-santrinya. Tidak lupa juga bahwa keteladanan mereka berkontribusi mendorong para santri bersedia ikut vaksinasi yang saat ini sedang diprogramkan pemerintah," sambungnya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin: Perpres 82/2021 Kado Istimewa Hari Santri 

Oleh karena itu, melalui momen upacara peringatan Hari Santri 2021 ini, Menag mengajak seluruh santri bersama-sama mendoakan para pahlawan, terutama pahlawan dari kalangan ulama, kiai, santri, pemimpin agama, yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

"Selaku Menteri Agama, saya patut menyampaikan terima kasih juga kepada seluruh elemen masyarakat dari Sabang sampai Merauke yang hari ini bersama-sama kita bersukacita merayakan peringatan Hari Santri 2021. Mari kita kepalkan tangan dan bersama-sama mengucapkan Hari Santri 2021: Santri Siaga Jiwa Raga, Santri Siaga Jiwa Raga, Santri Siaga Jiwa Raga," tuntasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya