Ustadz Abdul Somad Beberkan Cara Menemukan Jodoh Tanpa Pacaran

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 616 2490872 ustadz-abdul-somad-beberkan-cara-menemukan-jodoh-tanpa-pacaran-6SyUbQdmH8.jpeg Ustadz Abdul Somad beberkan menemukan jodoh tanpa pacaran (foto: IST)

JAKARTA - Pacaran dalam Islam memang dilarang karena dianggap sebagai aktivitas yang mendekati zina, dan Allah melarang keras akan hal itu. Allah Ta’ala berfirman, وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”(QS. Al Isro’ [17] : 32).

Selain itu, diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah telah menulis atas anak Adam bagiannya dari zina, maka pasti dia menemuinya: Zina kedua matanya adalah memandang, zina lisannya adalah perkataan, zina hatinya adalah berharap dan berangan-angan. Dan itu semua dibenarkan dan didustakan oleh kemaluannya.”

Baca Juga: Pacaran dalam Islam Dapatkah Dibenarkan?

Jelas aktivitas pacaran dilarang oleh Islam karena dalam pacaran pasti ada aktivitas memandang, berbicara, berangan-angan dan berharap dengan sang kekasih. Lalu bagaimana cara mendapatkan jodoh tanpa pacaran? Berikut telah Okezone rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 4 Tanda Jodoh Menurut Alquran, Cek Benarkah Dia Pasanganmu?

Dalam sebuah video yang diunggah di saluran Youtube, Ustadz Abdul Somad mengatakan bahwa dalam mencari jodoh harus dengan usaha. "Kalau jodoh tidak akan kemana. Itu kata-kata yang indah. Tapi harus ada usaha." ucapnya dalam sebuah video yang diunggah pada Rabu, 3 Juli 2019.

"Ustadz ceramah diberi air minum, lalu kemudian apakah air minum itu memang sudah ditakdirkan untuk ustadz? iya. Coba kalau dia tidak mau berusaha menggerakan gelas ke mulutnya. Dia cuman ngeliat saja senyum. Masuk itu airnya kemulutnya? tidak. Harus ada usaha." tambahnya.

Sebenarnya, berusaha atau tidak berusaha, jodoh sudah Allah tetapkan. Tapi kita tetaplah dianggap berbuat keliru, bila kita tidak berusaha. Yang dituntut oleh Allah dari kita adalah upaya, ikhtiar dan niat baik. Jodoh tetap Allah yang menentukan. Dalam hal jodoh, rezeki dan takdir kita tidak berhak mengurusnya, tapi kita hanya diperintahkan untuk berusaha. Dengan upaya yang benar dan niat yang bersih itulah, kita akan diberi pahala. Hasilnya, Allah yang menentukan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya