Pacaran dalam Islam Dapatkah Dibenarkan?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 330 2429300 pacaran-dalam-islam-dapatkah-dibenarkan-y0kNHuvq44.jpg Pacaran dalam Islam dapatkah dibenarkan? (Foto:Unsplash)

PACARAN dalam Islam apakah dibenarkan atau benarkah ada istilah pacaran yang islami?  Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, pacaran cenderung berkonotasi khalwat, berduaan, berkasih-kasihan, atau mendekati zina.

"Karenanya jelas diharamkan, karena lebih banyak mafsadat ataupun kerusakan fatal, dhohir dan batin," ujarnya saat dihubungi MNC Portal, Selasa (22/6/21).

Baca Juga: MUI Tetapkan Perkawinan Beda Agama Haram dan Tidak Sah

Allah Subahanahu wa ta'ala berfirman: 

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

Artinya: "Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra' : 32).

Lebih lanjut, konotasi pacaran selalu mengarahkan pada hubungan bebas, tanpa batas, tanpa norma, padahal keduanya belum halal dalam konteks sebagai suami istri.

Baca Juga: 8 Rekening Gaib Simpanan Menuju Kehidupan Abadi

Adapun langkah-langkah aman agar pendekatan tidak menimbulkan fitnah, yaitu jangan membuka peluang berduaan, apalagi berujung pada perbuatan mendekati zina.

"Ingat taqrobuzzina, konteksnya bukan hanya berduaan secara fisik bahkan virtual, chating mesra berdua dan saling mencurahkan hati dalam dunia maya adalah bagian dari pintu kemaksiatan," pungkasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya