Sumpah Pemuda, KH Zainuddin MZ Ungkap Kekuatan Takbir Bung Tomo Melawan Penjajah

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 330 2493238 sumpah-pemuda-kh-zainuddin-mz-ungkap-kekuatan-takbir-bung-tomo-melawan-penjajah-ZdZEd40scW.jpg Di momen Sumpah Pemuda ini KH Zainuddin MZ mengungkap kekuatan pidato takbir Bung Tomo. (Foto: YouTube KH Zainuddin MZ)

KH Zainuddin MZ meskipun telah lama pergi, tausiyahnya selalu diingat oleh kaum Muslimin Tanah Air hingga kini. Salah satunya tausiyah terkait Sumpah Pemuda.

Ia menceritakan momen tokoh Sumpah Pemuda yakni Bung Tomo yang membakar semangat para pejuang dengan pidato takbir.

Baca juga: Sumpah Pemuda, Kisah di Balik Pidato Takbir Bung Tomo yang Menggemparkan Penjajah 

"Andaikata tidak ada kalimat takbir, saya tidak tahu kata Bung Tomo dengan apa saya harus menggerakkan putra-putra terbaik bangsa untuk bangkit berjuang melawan penjajah," ungkap KH Zainuddin MZ, seperti dikutip dari rekaman tausiyahnya di kanal Youtube KH Zainuddin MZ, Kamis (28/10/2021).

Bung Tomo. (Foto: Wikipedia)

Dalam tausiyahnya yang berjudul 'Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan' tersebut, KH Zainuddin MZ juga menjelaskan bahwa Islam telah memberi motivasi kepada pejuang terdahulu untuk meraih kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

Baca juga: Sumpah Pemuda, Ini 5 Ulama Muda yang Berpengaruh di Indonesia 

"Mencintai Indonesia juga bagian daripada iman, yang datang menjajah kebetulan kafir. Bertemulah cinta Tanah Air dengan semangat jihad yang ajarkan agama, maka bangkitlah para ulama dengan jamaahnya, kiai dengan santrinya, bahu-membahu bersama tentara berjuang melawan penjajah Belanda," tambanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

KH Zainuddin MZ juga mengingatkan bahwa saat ini kita harus terus mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif. Kemudian terus memanjatkan doa kepada para pejuang terdahulu.

"Kalau sekarang kita menikmati indahnya merdeka, jangan pernah lupa kemerdekaan ini bukan hadiah Belanda, bukan kado Jepang, tidak turun dari langit laksana turunnya embun di waktu malam. Kemerdekaan tidak muncul hanya dengan 'simsalabim abakadraba', kemerdekaan ini keringat, air mata, darah, dan nyawa orang orangtua kita," pesannya kepada para jamaah yang hadir.

Baca juga: Sumpah Pemuda, Muhammadiyah Ajak Lebih Merekatkan Persatuan Nasional 

Bung Tomo. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya