Sumpah Pemuda, Ini 5 Ulama Muda yang Berpengaruh di Indonesia

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 614 2492993 sumpah-pemuda-ini-5-ulama-muda-yang-berpengaruh-di-indonesia-OMd91W6fBZ.jpg Di momen Sumpah Pemuda ini mari mengenal para ulama muda, salah satunya Ustadz Adi Hidayat. (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)

SUMPAH Pemuda menjadi tonggak utama dalam meraih sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahkan, para ulama muda atau tokoh agama lainnya juga ikut berpengaruh.

Kemudian saat ini cukup banyak ulama yang terbilang usianya masih cukup muda dan menginspirasi masyarakat agar mengambil jalan ke arah lebih baik.

Sebagaimana telah MNC Portal rangkum, berikut ini lima ulama muda di Indonesia yang saat ini cukup berpengaruh. Siapa saja?

Baca juga: Sumpah Pemuda, Kisah di Balik Pidato Takbir Bung Tomo yang Menggemparkan Penjajah 

1. Gus Baha

KH Ahamd Bahaudin atau lebih akrab disapa Gus Baha merupakan di salah satu ulama muda yang berpengaruh di Indonesia.

Lahir pada tanggal 29 September 1970, Gus Baha merupakan ulama Nahdlatul Ulama (NU). Ia berasal dari Rembang, Jawa Tengah.

Selain itu, Gus Baha juga dikenal sebagai salah satu ulama ahli tafsir yang memiliki pengetahuan mendalam seputar Alquran. Ia merupakan salah satu murid dari ulama kharismatik Kiai Maimun Zubair.

Gus Baha. (Foto: Instagram @ngajigusbaha)

Baca juga: Gadis Cantik Ini Jadi Mualaf Usai Bangun dari Koma, Cobaan Berat Datang dari Keluarga Besarnya 

2. Gus Miftah

Selanjutnya ulama karismatik yang saat ini digandrungi adalah Miftah Maulana Ibrahim Habiburrahman atau lebih dikenal dengan panggilan Gus Miftah.

Lahir pada tanggal 5 Agustus 1981, Gus Miftah juga merupakan pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta. Kajian yang disampaikannya dikenal mudah diterima oleh anak muda.

Ia juga sahabat Deddy Corbuzier. Presenter kondang tersebut akhirnya memutuskan menjadi mualaf dan Gus Miftah juga membantunya dalam memperdalam ilmu agama Islam.

Gus Miftah. (Foto: iNews TV)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Ustadz Yusuf Mansur

Pemilik nama lengkap Jam'an Nurkhatib Mansur atau lebih akrab disapa Ustadz Yusuf Mansur (UYM) ini merupakan salah satu pemuka agama yang sekaligus merupakan seorang pengusaha.

Lahir pada 19 Desember 1976, Ustadz Yusuf Mansur tidak hanya menjadi pendakwah, penulis, atau pengusaha, tapi juga merupakan pimpinan dari Pondok Pesantren Daarul Quran serta pemimpin pengajian Wisata Hati.

Ustadz Yusuf Mansur menggagas berdirinya Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) yang mencetak penghafal Alquran melalui pendidikan gratis bagi para duafa yang ada di Pondok Pesantren Daarul Alquran Bulak Santri, Banten.

Ustadz Yusuf Mansur dan putrinya Wirda Mansur. (Foto: YouTube Yusuf Mansur New)

Baca juga: Perjalanan Berliku Mantan Penyanyi Tere Jadi Mualaf, Kisahnya Bikin Menangis 

4. Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad (UAS) juga dikenal sebagai pendakwah yang banyak digemari. Alasannya, isi kajiannya kerap membahas soal ilmu hadis dan fikih dalam keseharian.

Pemilik nama lengkap Ustadz Abdul Somad Batubara ini lahir pada 18 Mei 1977. Namanya dikenal publik karena ilmu dan kelugasannya dalam memberikan penjelasan serta menyampaikan dakwah yang disiarkan melalui saluran YouTube.

UAS pernah bertugas sebagai dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau sejak tahun 2009 hingga mengundurkan diri pada 2019.

Ustadz Abdul Somad. (Foto: Instagram @ustadzabdulsomad_official)

Baca juga: Kisah Ayana Moon Mualaf, Sempat Tidak Diakui sebagai Anak 

5. Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat (UAH) lahir pada 11 September 1984. Ia dikenal sebagai ulama yang memberikan kajian persolan tentang fikih serta ilmu hadis.

Ustadz Adi Hidayat kerap menggunakan media sosial seperti YouTube sebagai media dakwah agar dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Selain itu, UAH juga aktif menulis dan telah memiliki beberapa karya dalam bahasa Arab serta Indonesia.

Baca juga: Petir Menggelegar Tanda Kekuasaan Allah Ta'ala, Jangan Lupa Baca Doa Ini 

Ustadz Adi Hidayat. (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya