Terkait Haji dan Umrah 1443H, Ini yang Sudah Dipersiapkan Kemenag

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 01 November 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 614 2494754 terkait-haji-dan-umrah-1443h-ini-yang-sudah-dipersiapkan-kemenag-fhsRORKmEK.jpg Ilustrasi ibadah haji dan umrah. (Foto: Reuters)

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) terus mempersiapkan penyelenggaran haji dan umrah 1443 Hijriah. Persiapan dilakukan secara profesional, inklusif, terbuka, dan tidak diskriminatif.

"Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mendorong percepatan persiapan ibadah haji dan umrah 1443H secara profesional, terbuka, inklusif, dan tidak diskriminatif," ungkap Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief di Jakarta, Sabtu 30 Oktober 2021.

Baca juga: Kemenag Berangkatkan Jamaah Haji 2022 jika Dapat Kuota 100% 

"Menag juga minta persiapan dilakukan dengan sigap dan cermat, baik terkait jamaah, PPIU dan PIHK, protokol kesehatan, serta persiapan lainnya," sambungnya, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Menurut dia, keterbukaan dan profesionalitas penting karena ibadah haji serta umrah menjadi ajang silaturahim antar-umat Islam dari berbagai latar belakang; baik ormas, golongan, daerah, dan lain sebagainya.

Baca juga: Optimis Berangkatkan Haji Tahun 2022, Kemenag Siapkan Skenario 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia menerangkan, "Arahan Menag jelas dan tegas, pengelolaan dan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah harus lebih inklusif karena ibadah ini milik semua umat Islam Indonesia dari berbagai kalangan, tanpa ada diskriminasi dan perbedaan, baik prioritas jamaah, penyelenggara maupun para pembimbing haji dan umrah."

Baca juga: Umrah Diizinkan, AMPHURI Harap Jamaah Tak Perlu Karantina dan Vaksin Ulang 

"Jamaah memiliki latar belakang tradisi keagamaan yang bermacam-macam. Semua harus dilayani dengan baik," ucap Hilman.

Ia menegaskan, pihaknya akan mempersiapkan penyelenggaraan haji dan umrah secara profesional, termasuk memerhatikan perbedaan karakter, baik pembimbing, petugas, maupun jamaah.

Baca juga: Indonesia Dapat Izin Umrah, AMPHURI: Jamaah yang Sudah Antre Diberangkatkan Lebih Dulu 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya