5 Mukjizat Luar Biasa Nabi Idris, Belum Banyak yang Mengetahui

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 04 November 2021 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 614 2496568 5-mukjizat-luar-biasa-nabi-idris-belum-banyak-yang-mengetahui-OKV8gUK7e5.jpg Ilustrasi mukjizat Nabi Idris Alaihissallam. (Foto: Shutterstock)

NABI Idris Alaihissallam merupakan keturunan keenam Nabi Adam Alaihissallam. Idris merupakan seorang nabi yang terkenal dengan kejujuran dan kebenarannya. Selain itu, Nabi Idris mendapat mukjizat yang luar biasa. Demikian dikutip dari kanal YouTube Sahabat Nusantara, Kamis (4/11/2021).

1. Pandai dalam bidang astronomi

Diriwayatkan bahwa Nabi Idris Alaihissallam adalah orang yang pandai dalam bidang astronomi. Ia juga mengajarkannya kepada umatnya. Dia mewariskan ilmu falak kepada bangsa Sumeria Kuno. Dia pun ahli ilmu perbintangan.

Baca juga: 5 Mukjizat Nabi Adam Alaihissallam yang Belum Banyak Diketahui 

Ilustrasi mukjizat Nabi Idris Alaihissallam. (Foto: Unsplash)

2. Pandai menulis dan menjahit

Nabi Idris Alaihissallam mampu menulis serta pandai menjahit sebelum manusia lainnya di masa itu. Maka itu, dialah orang pertama yang menggunakan pakaian yang sudah dijahit.

Kisah Nabi Idris Alaihissallam di dalam kitab suci Alquran dijelaskan dalam Surah Maryam Ayat 56 dan 57. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِدْرِيسَ ۚ إِنَّهُ كَانَ صِدِّيقًا نَبِيًّا

Artinya: "Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Alquran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi." (QS Maryam: 56)

وَرَفَعْنَاهُ مَكَانًا عَلِيًّا

Artinya: "Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi." (QS Maryam: 57)

Baca juga: Ini Perbedaan Mukjizat, Karomah, Sihir, Maunah, dan Istidraj 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Pandai memberi pedoman kepada umatnya

Menurut riwayat, Nabi Idris Alaihissallam bermukim di Mesir. Ia berdakwah untuk agama Allah Subhanahu wa ta'ala. Dengan mengajarkan tauhid dan beribadah kepada Allah Ta'ala.

Selain itu, Nabi Idris Alaihissallam memberi beberapa pedoman hidup bagi pengikut-pengkutnya agar menyelamatkan diri dari siksaan di akhirat dan kehancuran serta kebinasaan di dunia.

Beberapa nasihat dan kata-kata mutiara Nabi Idris Alaihissallam antara lain sebagai berikut:

"Kesabaran yang disertai iman kepada Allah Subhanahu wa ta'ala akan membawa kemenangan."

"Orang yang bahagia ialah orang yang berwaspada atau mawas diri dan mengharapkan syafaat dari Allah Subhanahu wa ta'ala dengan amalan-amalan salihnya."

"Jika kamu memohon sesuatu kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan berdoa maka ikhlaskanlah niatmu, demikian pula puasa dan salatmu."

"Janganlah bersumpah dalam keadaan kamu berdusta dan janganlah menutup sumpah dari orang yang berdusta agar kamu tidak menyekutui dalam dosa."

"Taatlah kepada raja-rajamu dan tunduklah kepada pembesar-pembesarmu serta penuhilah selalu mulut-mulutmu dengan ucapan syukur dan puji kepada Allah Subhanahu wa ta'ala."

"Janganlah iri hati kepada orang-orang yang baik nasibnya, karena mereka tidak akan banyak dan lama menikmati kebaikan nasibnya."

"Barang siapa melampaui kesederhanaan, tidak sesuatu pun akan memuaskannya."

"Tanpa membagi-bagikan nikmat yang diperoleh, seorang tidak dapat bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala atas nikmat-nikmat yang diperolehnya itu."

Baca juga: Kenapa Harus Menutup Mulut saat Bersin atau Menguap? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

4. Diizinkan melihat surga

Dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala di Surah Maryam Ayat 57 disebutkan bahwa Nabi Idris Alaihissallam martabatnya diangkat. Menurut riwayatnya, Nabi Idris berdoa agar dirinya diperlihatkan surga.

Allah Subhanahu wa ta'ala mengabulkan permintaan tersebut. Maka Allah Ta'ala memerintahkan Malaikat Jibril menjemput Nabi Idris dari bumi menuju surga. Di surga, Nabi Idris Alaihissallam menikmati segala yang ada di sana.

Baca juga: Tangan dan Kaki Kebas atau Kesemutan, Ini Obatnya Menurut Ustadz dr Zaidul Akbar 

5. Dibolehkan tinggal di surga

Ketika batas waktu yang telah ditentukan untuk Nabi Idris Alaihissallam selama berada di surga berakhir, Malaikat Jibril memanggilnya. Mereka pun menuju pintu keluar dari surga. Akan tetapi, ketika di depan pintu surga, Nabi Idris berkata bahwa sandalnya tertinggal di surga dan hendak mengambilnya.

Nabi Idris Alaihissallam pun kembali masuk ke dalam surga, sementara Malaikat Jibril menunggunya. Akan tetapi, apa yang terjadi? Nabi Idris tidak kunjung kembali dari surga.

Baca juga: Bikin Haru, Viral Pria Khusyuk Berdoa Sebelum Cari Barang Bekas 

Akhirnya, Malaikat Jibril pun menyusulnya dan membawa Nabi Idris Alaihissallam kembali ke bumi. Akan tetapi, Nabi Idris menolaknya. Allah Subhanahu wa ta'ala menegurnya agar kembali ke bumi.

Nabi Idris Alaihissallam pun memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar dirinya diizinkan tinggal di surga. Kemudian Allah Ta'ala mengabulkan permohonan Nabi Idris tersebut.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 3 Tips Cegah Hidup Galau dan Hina Menurut Aa Gym 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya