Mau Rumah Tangga Utuh dan Harmonis? Ustadzah Oki Setiana Dewi Bagikan Rahasianya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 330 2503726 mau-rumah-tangga-utuh-dan-harmonis-ustadzah-oki-setiana-dewi-bagikan-rahasianya-6SjAT1bQvG.jpg Ustadzah Oki Setiana Dewi bagikan rahasia rumah tangga bisa utuh dan harmonis. (Foto: Dok Instagram @okisetianadewi)

USTADZAH Oki Setiana Dewi beberapa waktu belakangan menjadi fokus perhatian publik Tanah Air setelah aksinya menutupi aurat adiknya Ria Ricis saat resepsi pernikahan. Tapi jauh sebelum kejadian itu, Ustadzah Oki juga dikenal kerap memberikan nasihat terkait rumah tangga.

Dalam sebuah tausiyahnya, Ustadzah Oki Setiana Dewi mengatakan ada cara agar rumah tangga tetap utuh dan harmonis. Salah satunya adalah dengan selalu muhasabah diri atau introspeksi. Ini demi mencapai ketenteraman sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." (QS Ar-Rum: 21)

Baca juga: Viral Oki Setiana Dewi Lari Tutup Aurat Ria Ricis, Mana Saja Aurat Wanita Menurut Islam? 

Keluarga Ustadzah Oki Setiana Dewi. (Foto: Instagram)

Ustadzah Oki melanjutkan, tapi dalam rumah tangga ada ujian atau badai yang datang silih berganti. Kalau tidak ada muhasabah di dalamnya, keadaan yang terjadi akhirnya adalah saling menyalahkan dan mungkin bisa berujung perceraian.

"(Perceraian) sesuatu yang dibolehkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala tapi sangat dibenci oleh Allah Ta'ala," ungkap Ustadz Oki Setiana Dewi, seperti dikutip dari kanal YouTube VDVC Religi, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Viral Wanita Jalani Puasa Supaya Tidak Menstruasi, Alasannya Bikin Terharu 

Ia menambahkan, di dalam rumah tangga biasanya ada konflik-konflik yang terjadi, tapi dengan bermuhasabah itu semua bisa diselesaikan. Jadi jangan berhenti muhasabah diri.

Contoh penyebab konflik adalah tidak lancarnya komunikasi. "Si istri mengatakan suami saya susah diajak berbicara. Si suami mengatakan saya enggak cocok bicara sama istri saya. Padahal kalau saling introspeksi diri satu sama lain, mungkin saya kurang jadi pendengar yang baik, mungkin ketika berbicara satu sama lain akan baik-baik saja," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Konflik berikutnya mungkin karena adanya "orang ketiga". Daripada sibuk menyalahkan pasangan bisa tergoda dengan orang lain, lebih baik bermuhasabah diri. Mungkin di dalam diri sendiri masih banyak kekurangan, misalnya kurangnya pelayanan terhadap suami.

Baca juga: Ini Keutamaan Menjalankan Puasa Senin Kamis yang Berbarengan dengan Ayyamul Bidh 

Lalu mungkin di dalam rumah tangga ada konflik finansial, daripada cenderung menyalahkan suami, lebih baik introspeksi diri. Mungkin tuntutan istri yang sangat lebih sehingga membuat suami tidak mampu menafkahi.

Ustadzah Oki Setiana Dewi pun mengungkapkan bahwa muhasabah bisa menjadi jalan keluar untuk semua konflik di rumah tangga. Jadi, pasangan suami-istri janganlah berhenti bermuhasabah atau introspeksi diri.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Konjen dan Dubes Inggris Masuk Islam di Tanah Suci, Alasannya Tak Terduga 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya