Ingin Segera Pergi Haji? Bisa Amalkan Doa Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 618 2506260 ingin-segera-pergi-haji-bisa-amalkan-doa-ini-7RMRobYhrN.jpg Ilustrasi doa bisa segera pergi haji. (Foto: Shutterstock)

DOA segera bisa pergi haji selalu dipanjatkan umat Islam Tanah Air dan dunia. Pasalnya, daftar tunggu haji di Indonesia diketahui sudah sangat panjang, bisa mencapai belasan atau bahkan puluhan tahun. Maka itu, doa selalu dihaturkan supaya mendapat ridho Allah Subhanahu wa ta'ala untuk bisa pergi ke Tanah Suci.

"Naik haji adalah panggilan Allah Subhanahu wa ta'ala. Kaya bukan jaminan seorang bisa sampai ke Tanah Suci. Begitu juga banyak yang ekonomi pas-pasan, tapi bisa naik haji. Setiap orang punya cara sendiri bagaimana meminta kepada Allah agar bisa sampai ke Tanah Suci. Begitu juga Allah punya alasan atau kehendak tersendiri mengapa si A dipanggil sementara si B tidak," ungkap Ketua Ikatan Sarjana Quran dan Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kabar Baik, Menag Umumkan Indonesia Jadi Negara Prioritas Haji dan Umrah 

Ia melanjutkan, ada beberapa cara atau amalan agar kaum Muslimin bisa segera menunaikan ibadah haji. Salah satunya memperbanyak membaca talbik, yaitu:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ

Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak.

Artinya: "Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu."

Baca juga: Arab Saudi Mulai Izinkan Jamaah Luar Negeri Daftar Umrah Melalui Aplikasi 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu, Syekh Ahmad Qusyairi dalam kitab 'Al-Wasiilah Al-Hariyyah fi Al-Shalawat Ala Khairil Bariyyah' menyebutkan jika ingin pergi melaksanakan haji bacalah solawat sebanyak mungkin yang juga sekaligus jadi doa. Seperti berikut ini:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ، وَزِيَارَةَ حَبِيْبِكَ مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ اَفْضَلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلاَمِ، فِي صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Allahumma shalli alaa sayyidina muhammadin shalatan tuballiguna biha hajja baitikal haram, wa ziyarata habibika muhammadin alaihi afdhalus shalati wassalam fi sihhatin wa ‘afiyah wa bulughil marami wa ala alihi wa sahbihi wa sallim

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah salawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya salawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya."

Baca juga: Viral Santri Masuk Mal Ucap Permisi dan Menunduk saat Melewati Orang, Netizen: Akhlak Mulia 

Ustadz Fauzan Amin mengatakan, apabila tidak terkabul di dunia, maka tetap akan mendapat pahala haji di akhirat kelak. Sebab, semasa hidup rajin beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Misal tidak terkabul untuk haji di dunia, setidaknya dapat pahala haji di akhirat. Karena banyak ibadah lain yang pahalanya seperti menunaikan ibadah haji. Misalnya Sholat Jumat, itu kata Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam adalah hajinya fakir dan miskin," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Mualaf Renata Kusmanto, Belajar Mengaji dari Ibunda sang Suami Fachri Albar 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya