Share

Ketika Gus Dur Cerita Manusia Tidak Mau Akur Itu Bukan Manusia, tapi Unta

Hantoro, Jurnalis · Senin 29 November 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 614 2508533 ketika-gus-dur-cerita-manusia-tidak-mau-akur-itu-bukan-manusia-tapi-unta-102coQIgKp.jpg KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (Foto: Istimewa)

HUMOR Gus Dur kali menceritakan tentang manusia dan ingatan panjang unta. Berawal dari Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur berbincang-bincang dengan para tamu penting di kediamannya, kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan.

Sebagaimana dilansir buku 'Fatwa dan Canda Gus Dur' karya KH Maman Imanulhaq, tamu-tamu yang menemui Gus Dur tersebut semuanya adalah orang penting. Ia pun tidak pernah membedakan dalam memberikan pelayanan. Semua tamu dari berbagai latar belakang ditemui dan dijamu oleh Gus Dur secara terhormat.

Baca juga: Cerita Gus Dur soal Diktator Jatuh dari Kuda lalu Kecebur Sungai 

Ia juga selalu membumbui setiap obrolannya dengan tamu-tamu terhormat tersebut dengan menyajikan humor-humor segar. Tujuannya untuk mencairkan suasana menjadi lebih akrab serta hangat.

Dalam kesempatan tersebut Gus Dur bercerita tentang hewan unta. Hewan yang banyak hidup di tanah Arab ini, menurut Gus Dur, termasuk makhluk hidup yang panjang ingatan tapi mempunyai sikap pendendam.

Gus Dur. (Foto: Istimewa)

"Panjang ingatan unta bisa sampai berapa lama Gus?" tanya salah seorang tamu polos, seperti dikutip dari laman Santrigusdur, Senin (29/11/2021).

"Bisa sampai 10 tahun," jawab Gus Dur.

Baca juga: Kisah Gus Dur Ditanya soal Rumah Angker: Saya Belum Pernah Ketemu Hantunya 

"Luar biasa hewan ini. Mungkin pengaruh panjangnya perjalanan yang sering mereka lakukan di gurun," ucap tamu lain menanggapi.

"Bisa jadi," balas Gus Dur secara diplomatis.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Gus Dur melanjutkan ceritanya, apabila ada seseorang yang memukul unta itu, maka dia akan membalasnya pada kesempatan lain.

"Walaupun kejadiannya sudah 10 tahun," jelas Gus Dur.

"Jadi kalau ada manusia yang tidak mau akur dan pendendam setelah 10 tahun berkonflik, maka ia bukan manusia, tapi unta," canda Gus Dur disambut tawa para tamunya.

Baca juga: Ketika Gus Dur Membuat Anjing Peliharaan Bill Clinton Menangis hingga Stres 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini