Share

Hotman Paris Tanya Pembagian Harta Vanessa Angel dan Bibi, KH Cholil Nafis Beri Penjelasan

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 614 2511251 hotman-paris-tanya-pembagian-harta-vanessa-angel-dan-bibi-kh-cholil-nafis-beri-penjelasan-FsucXm91iw.jpg KH Muhammad Cholil Nafis menjelaskan cara pembagian harta warisan mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. (Foto: YouTube Hotman Paris Show)

KEPERGIAN Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah meninggalkan duka mendalam. Selain itu, mereka juga mewariskan harta untuk buah hatinya Gala Sky Ardiansyah. Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea pun membahas cara pembagian harta ini bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Muhammad Cholil Nafis.

Hotman Paris pun bertanya dari sudut pandang ajaran agama Islam soal pembagian harta warisan Vanessa Angel dan Bibi Bibi Ardiansyah. Pasalnya, kini ramai dibahas publik Tanah Air.

Baca juga: Bule Cantik Ini Jadi Mualaf Usai Sadar Tuhan Itu Satu, Tidak Miliki Anak 

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat Berkah, Nomor 5 Membuat Diri Makin Segar Bersemangat 

"Saya mau tanya Pak dari segi hukum waris Islam bagaimana menurut Islam terkait pembagian hartanya? Ada misalnya harta yang dibawa masing-masing sebelum nikah dan harta yang sudah menikah dalam keadaan hanya satu anak yaitu si Gala dan ada ortu yang ditinggal hidup?" tanya Hotman Paris, seperti dikutip dari tayangan Hotman Paris Show di iNews TV, Kamis 2 Desember 2021.

Kiai Cholil Nafis menjelaskan, istilah dalam Islam harta peninggalan orang meninggal yaitu tirkah. "Ya kita sebut dalam Islam itu namanya tirkah (harta peninggalan orang yang sudah meninggal dunia, red)," jawabnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Mendengar itu, Hotman Paris penasaran bagaimana penghitungannya untuk pembagian harta yang ditinggalkan orang meninggal tersebut.

Kiai Cholil Nafis mengatakan, dikarenakan anak yang ditinggal adalah laki-laki dan kedua orangtuanya meninggal, maka pembagiannya jatuh kepada tiga orang yaitu ayah dan ibu serta anak dari pasangan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah.

Baca juga: Ketika Gus Dur Cerita Pencuri Makan Ikan Halal: Wong Sudah Dapat Izin dari Kiai 

"Nah karena ini meninggal sekaligus maka milik laki-laki yaitu yang dibagi waris kepada keluarga laki-laki. Sini kita sebut almarhum Bibi ya meninggal dia punya apa sebelum nikah, maka harta ini dibagi kepada anaknya si Gala dan juga diberikan kepada ibu dan bapaknya. Karena ibu bapaknya ini ada Gala, maka dapatnya seperenam (1/6). Seandainya tidak ada Gala ini dapat sepertiga (1/3)," papar Kiai Cholil Nafis.

Sehubungan dengan pembagian ini, maka adik dan kakak dari almarhum Bibi Ardiansyah tidak mendapat sepersen pun, karena jatuh haknya kepada anaknya Gala. Dalam hal ini anak laki-laki lebih dominan dalam pembagian harta.

Baca juga: Istri Bisa Sentuh Suami di Bagian Ini untuk Tingkatkan Gairah, Ustadzah dr Aisah Dahlan Ungkap Alasannya 

"Gala dan kakek neneknya (Faisal dan istri, red). Iya karena pamannya bisa terhalang, karena ini hak ahli waris maka anak laki-laki itu mendominasi," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini