Share

Humor Gus Baha: Abu Nawas Bikin Raja Tidur Pakai Cerita Amburadul

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 05:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 614 2516494 humor-gus-baha-abu-nawas-bikin-raja-tidur-pakai-cerita-amburadul-qjmb54uZ4V.jpg KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. (Foto: Dok Okezone)

HUMOR Gus Baha kali ini menceritakan sosok lucu Abu Nawas. Selama ini Abu Nawas dikenal sangat pandai melucu. Kemudian ia juga sebagai sosok yang cerdas.

Dikutip dari laman alif.id, Selasa (14/12/2021), kisah Abu Nawas pun sempat diceritakan oleh KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha. Hal itu ia ungkapkan dalam beberapa pengajiannya.

Baca juga: Humor Gus Baha: Anak Naik Meja Enggak Dosa, Orangtuanya yang Bentak Itu Haram 

Suatu hari Raja Harun Ar-Rasyid membuat semacam sayembara dan mengundang banyak penyair. Ini dilakukannya supaya dapat menceritakan suatu kisah yang bisa membuat Raja tidur.

Saat itu Raja tidak dapat tidur karena terngiang-ngiang dengan seorang perempuan yang pernah dilihat. Kemudian pada dasarnya ia adalah sosok raja yang baik, tidak mungkin berbuat serong dengan perempuan lain.

Kemudian Raja coba melupakannya, namun bayangan tentang perempuan yang dilihatnya tersebut membuatnya tidak bisa tidur. Oleh karena itu, Raja memutuskan melupakan perempuan itu dengan mendengarkan kisah dari para penyair.

Baca juga: Ngaji ke Gus Baha, Gus Jazil Dapat Ilmu Memilih Pemimpin Bagian dari Syariat 

Malam pun makin larut, tidak ada satu penyair pun yang bisa membuat Raja tertidur. Hingga akhirnya giliran Abu Nawas, ia pun menceritakan sesuatu yang sebenarnya tidak jelas kepada sang raja.

"Begini, Raja. Ada seekor semut yang penasaran dengan lubang telinga manusia. Untuk mengobati rasa penasarannya, semut itu masuk ke lubang telinga manusia. Ternyata di dalamnya gelap, dan semut itu tidak nyaman di dalamnya. Semut itu keluar. Tidak lama kemudian, semut itu melihat ke lubang telinga orang itu lagi. Semut tersebut penasaran, lalu masuk lagi ke dalamnya."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Abu Nawas melanjutkan, "Ternyata di dalamnya gelap. Semut itu pun keluar lagi. Setelah berada di luar, semut itu masih juga penasaran. Dan lagi semut masuk lagi ke dalam lubang telinga manusia. Ternyata di dalam telinga, semut itu tidak nyaman lagi. Semut itu keluar lagi."

Sebenarnya Abu Nawas mengisahkan cerita semut itu yang keluar masuk telinga berulang kali. Mendengar itu semua, Raja bosan dengan cerita Abu Nawas tentang semut yang bolak balik masuk telinga. Kemudian sang Raja pum berkata:

"Sudah, sudah. Cerita tidak jelas begini kok dikisahkan kepadaku. Mending aku tidur saja daripada mendengar kisah tak jelas begini."

Baca juga: Gus Baha Selalu Diam Saat Dimarahi Istri, Ini Alasannya 

Kemudian Abu Nawas akhirnya pulang dan tanpa disadari Raja akhirnya tertidur. Namun ketika bangun, Raja tersadar ternyata kisah-kisah indah para penyair malah membuatnya tak bisa tidur karena malah penasaran dengan cerita.

Lalu Abu Nawas akhirnya memenangkam sayembara itu karena ceritanya yang amburadul, tapi berhasil membuat Raja tidur.

Baca juga: Ketika Gus Baha Jadi Wali Nikah, Mempelai Pria Seorang Ustadz Jawab Ijab Kabul Pakai Mukadimah 

Gus Baha memiliki banyak koleksi kitab. Di antaranya kitab humor Abu Nawas yang masih menggunakan bahasa Arab.

"Begitulah kecerdasan Abu Nawas. Saya punya banyak koleksi humor ulama, termasuk humor Abu Nawas. Barangkali Gus Dur malah punya koleksi humor yang lebih banyak karena bacaannya sangat banyak. Makanya, Gus Dur sering membuat orang tertawa karena humornya," ujar Gus Baha.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini