Share

Masya Allah, Muslim Indonesia Segera Bangun Masjid di London Inggris

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 614 2517827 masya-allah-muslim-indonesia-segera-bangun-masjid-di-london-inggris-E6qbG7wOYk.jpg Ilustrasi Masjid Indonesia di London, Inggris. (Foto: Freepik)

MUSLIM Indonesia yang termasuk Nahdliyin Inggris Raya dilaporkan segera membangun masjid di Kota London, Inggris. Mereka pun meluncurkan program Wakaf Gotong Royong untuk mendirikan masjid Indonesia di London dengan luas bangunan 368,5 meter persegi seharga Rp30 miliar.

"Sudah sekitar dua dekade lalu almarhum Kiai Royandi Abbas dan beberapa kiai Nahdliyin di Inggris menggagas pendirian masjid ini, namun menghadapi beberapa kendala," ungkap Ketua PCINU Inggris Raya Shandy Adiguna, seperti dikutip dari Antara, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Kenapa Tidak Boleh Mencabut Uban? Ini Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah 

"Saat ini kami mengajak bersama-sama Nahdliyin sedunia dan warga Muslim di mana pun berada untuk bersama-sama menyisihkan dana untuk Wakaf Gotong Royong ini," lanjutnya.

Dilaporkan bahwa program ini merupakan kolaborasi dari PCI Nahdlatul Ulama United Kingdom (PCINU UK), Muslimat NU UK, KBRI London, dan IIC London. Lalu berkolaborasi dengan beberapa lembaga, di antaranya NUCARE-Lazisnu, PPI UK, MES UK, Kitabisa, Masjid Istiqlal, serta Gusdurian Peduli.

Baca juga: Cerita Abu Nawas Bikin Panci Beranak, Setelah Itu Malah Meninggal 

Saat ini, jelas Shandy, pihaknya mengajak banyak pihak untuk berkolaborasi bersama mendirikan Masjid Indonesia di London.

"Prinsipnya kami ingin menghadirkan Islam yang rahmatan lil-alamin di London, Inggris. Kota London itu kan pusat peradaban, pemerintahan, ekonomi dan politik internasional di Eropa, jadi ini misi penting, perjuangan kita semua," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara Ketua PCI Muslimat NU Inggris Raya Yayah Indra mengatakan muslimat sedunia siap bersama-sama bergerak menyukseskan program pembangunan masjid ini.

"Alhamdulillah, beberapa waktu lalu kami menyelenggarakan agenda yang dihadiri Ketua Umum Muslimat Ibu Hj Khofifah Indar Parawansa, Duta Besar Indonesia di London Dr Desra Percaya dan Dr KH Faqih Abdul Kodir. Kami juga mendapat dukungan dari jajaran PP Muslimat serta teman-teman seperjuangan dari PW, PC, dan PCI Muslimat dari berbagai negara," ungkapnya.

Baca juga: Gampang Marah? Baca 3 Doa Ini Supaya Hati Tenang 

Sekretaris PCI NU Inggris Raya Munawir Aziz menyampaikan bahwa pendirian masjid Indonesia di Inggris merupakan jihad kemanusiaan dan jalan dakwah bagi Nahdliyin di dunia.

Dia menambahkan, saat ini dana yang sudah terkumpul sebanyak Rp18 miliar. Bagi masyarakat yang hendak berpartisipasi dapat menyalurkan Wakaf Gotong Royong melalui Bank BNI nomor rekening 0863842139 dengan keterangan untuk pembangunan masjid di London.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Makan Kurma Jangan Hanya saat Ramadhan, Terungkap Khasiatnya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini