Share

Ini Amal Salih Malam Jumat Pembuka Pintu Surga, Yuk Segera Dikerjakan

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 616 2518132 ini-amal-salih-malam-jumat-pembuka-pintu-surga-yuk-segera-dikerjakan-2O2ZcoDufR.jpg Ilustrasi amal salih malam Jumat pembuka pintu surga. (Foto: Freepik)

SETIAP hari Kamis malam atau biasa disebut malam Jumat, setiap Muslim dianjurkan memperbanyak amal salih. Keutamaannya sangat besar, yakni bisa menjadi pembuka pintu surga. Di antaranya puasa sunah, sedekah, zikir, membaca Surah Al Kahfi, dan lainnya.

"Ada hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi. Rasulullah menyebutkan ada berbagai amalan itu dilaporkan kepada Allah yaitu pada hari Senin dan Kamis," kata dai muda Nahdlatul Ulama (NU) Ustadz Muhammad Najmi Fathoni kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Benarkah Arwah Akan Pulang Setiap Malam Jumat? Ini Kata Buya Yahya 

Ilustrasi amal salih malam Jumat.

Ia menambahkan, ketika Kamis malam tiba sebenarnya sudah mulai memasuk waktu hari Jumat. Ketika itu pintu-pintu surga dibuka seluas-luasnya oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Rasulullah Shalallahu alaihi wassallam berfirman:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya: "Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan." (HR Muslim)

Baca juga: Keistimewaan Meninggal di Malam dan Hari Jumat, Jaminan Terbebas dari Siksa Kubur 

Kemudian dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam At-Tarmidzi bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Segala amal perbuatan manusia akan diperiksa pada hari Senin dan Kamis, maka aku ingin ketika amal perbuatanku diperiksa, aku dalam keadaan berpuasa." (HR Imam At Tarmidzi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lebih lanjut Ustadz Najmi menerangkan, pada malam Jumat dianjurkan membaca Surah Al Kahfi. Maka di waktu inilah doa-doa akan dikabulkan dan datangnya rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis, berdasarkan riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: 20 Doa dan Zikir agar Terhindar dari Varian Omicron 

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Hijrah Egi John Foreisythe, Bermula dari Tahu Hukum Pesta Tahun Baru 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini