Share

Masya Allah, Ini Rahasia KH Ma'ruf Amin Tetap Bugar di Usia 78 Tahun

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 614 2527600 masya-allah-ini-rahasia-kh-ma-ruf-amin-tetap-bugar-di-usia-78-tahun-B3PWcIwuIA.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin. (Foto: YouTube Deddy Corbuzier)

WAKIL Presiden KH Ma'ruf Amin yang kini sudah berusia 78 tahun membuat kagum banyak orang terkait fisiknya yang masih sangat kuat. Meski sibuk dengan tugas negara yang sangat padat, KH Ma'ruf Amin masih menyempatkan diri berolahraga.

Terungkap bahwa hampir setiap hari KH Ma'ruf Amin membakar 500 kalori. Hal ini diketahui dalam acara podcast di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Baca juga: MUI Angkat Bicara soal Boneka Arwah, Ini Penjelasan KH Cholil Nafis 

"Umur 78 olahraga 500 kalori setiap hari. Anda yang muda-muda tidak olahraga, malu," kata Deddy Corbuzier, seperti dikutip dari podcast-nya, Rabu (5/1/2022).

Kemudian KH Ma'ruf Amin membenarkan bahwa dirinya sering berolahraga dan membakar sedikitnya 500 kalori dalam setiap hari. Olahraga yang dijalani berjenis ringan, misalnya sepeda statis hingga 400 gowesan, jalan kaki 100 langkah hingga 1 jam lamanya.

"Kadang gym juga yang ringan-ringan saja," terang KH Ma'ruf Amin.

Baca juga: Alquran Surah Taha Ayat 1-135 Lengkap Bacaan Latin hingga Keutamaannya 

Ia melanjutkan, kemudian hydro di air hangat, yakni melatih gerakan di dalam air. Semua olahraga yang dilakoni KH Ma'ruf Amin termasuk ringan.

Beliau mengatakan, semua sesuai keadaan umurnya dan tidak ada beban yang berat. "Sesuai umur. Justru kalau tidak olahraga, loyo," ungkapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain itu ketika dinas ke luar kota, KH Ma'ruf Amin menyempatkan diri berolahraga. Misalnya saat mengunjungi Bali, pagi harinya ia keluar sekaligus meninjau pasar-pasar yang terdampak pandemi covid-19.

Meskipun jadwalnya padat, KH Ma'ruf Amin tetap bersyukur karena masih tetap diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas negara. "Alhamdulillah sehat terus," ucapnya.

Baca juga: Muhammadiyah Tanggapi soal Boneka Arwah, Ustadz Faozan Amar: Lebih Baik Rawat Anak Yatim 

Beliau mengatakan, ada beberapa hiburan yang bisa membuatnya tetap segar di sela-sela kesibukan. Mulai membaca komentar netizen, menonton video di YouTube, hingga menyaksikan sinetron.

"Bener sinetron yang ada di TV, kan supaya tahu ceritanya," kata Kiai Ma'ruf.

Baca juga: Tren Adopsi Boneka Arwah, Buya Yahya: Mana Ada Pahalanya 

Sementara Deddy Corbuzier pun merasa tidak percaya Wapres KH Ma'ruf Amin bisa datang sebagai bintang tamunya. Ia mengatakan Kiai Ma'ruf paling suka makan kerupuk.

"Jadi (Wapres KH Ma'ruf Amin) makannya sudah habis nih, sudah selesai, terus ngemilin kerupuk," tukas Deddy Corbuzier.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini