Share

Tren Adopsi Boneka Arwah, Ustadz Muri: Waspada Dosa Jariyah

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 614 2528149 tren-adopsi-boneka-arwah-ustadz-muri-waspada-dosa-jariyah-QlDiBIDNQD.jpg Ilustrasi boneka arwah atau spirit doll. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA waktu belakangan heboh fenomena artis-artis mengadopsi spirit doll atau boneka arwah. Mereka memperlakukan boneka tersebut layaknya anak sendiri. Lantas, bagaimana hukumnya menurut agama Islam?

Menurut Ustadz Muri Arrabbani SAg, jika memiliki boneka untuk tujuan tertentu, sebenarnya masih diperbolehkan. "Dibolehkan. Kalau boneka dijadikan mainan untuk mengenalkan kepada anak tentang kasih sayang," jelasnya, seperti dikutip dari kanal YouTube Seleb Oncam, Kamis (6/1/2022).

Baca juga: MUI Soroti Artis-Artis Adopsi Boneka Arwah: Segera Tobat, Perbanyak Istigfar 

Namun, Ustadz Muri mengatakan ketika tujuan dari memiliki boneka sudah melenceng, pemiliknya bisa berisiko mendapat dosa syirik.

"Seperti diperlakukan kayak manusia, bahkan katanya juga bisa diajak bicara, sehingga mereka berinteraksi dengan yang punya boneka itu sendiri. Nah, itu menurut Islam termasuk kategori syirik," tegasnya.

Baca juga: Muhammadiyah Tanggapi soal Boneka Arwah, Ustadz Faozan Amar: Lebih Baik Rawat Anak Yatim 

Dia juga menjelaskan tentang dosa syirik. Seperti diketahui, Allah Subhanahu wa ta'ala tidak akan mengampuni dosa syirik.

"Menyekutukan Allah itu dalam artian memang tidak menyembah Tuhan selain Allah, tetapi menyembah ciptaan yang menyerupai ciptaan Allah, itu dikategorikan syirik," lanjutnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lebih lanjut, menurut dia, jika artis-artis tersebut meyakini boneka yang dimiliki seolah hidup dan dapat diajak bicara layaknya seorang bayi manusia, perilaku ini mendekati kesyirikan.

Baca juga: Tren Adopsi Boneka Arwah, Buya Yahya: Mana Ada Pahalanya 

Ustadz Muri kemudian mengingatkan kepada para artis untuk berhati-hati dengan apa yang mereka lakukan. Pasalnya, mereka adalah sosok yang disorot masyarakat, dan tidak menutup kemungkinan perilakunya bisa ditiru.

"Kalian itu banyak ditiru, jangan sampai kalian jadi dosa jariyah buat orang lain," tutupnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Viral Artis Miliki Boneka Arwah, Termasuk Perbuatan Syirik? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini