Share

MUI Soroti Artis-Artis Adopsi Boneka Arwah: Segera Tobat, Perbanyak Istigfar

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 614 2528025 mui-soroti-artis-artis-adopsi-boneka-arwah-segera-tobat-perbanyak-istigfar-S3cNOn0UuT.jpg Ilustrasi boneka arwah atau spirit doll. (Foto: Shutterstock)

SAMPAI saat ini fenomena spirit doll atau boneka arwah yang diadopsi artis-artis masih menjadi berita hangat di tengah masyarakat. Sejumlah pemuka agama pun mengatakan bahwa perbuatan tersebut, apalagi sampai menyembah selain Allah Subhanahu wa ta'ala, adalah perbuatan syirik.

Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustadz Profesor Utang Ranuwijaya melihat adanya boneka arwah yang diadopsi artis-artis adalah sesuatu yang berbahaya. Kemudian berhubungan dengan penyimpangan akidah di balik itu semua.

Baca juga: Tren Adopsi Boneka Arwah, Buya Yahya: Mana Ada Pahalanya 

"Hal ini karena ada sebutan yang tidak lazim dan tidak masuk akal, jika ada boneka yang memiliki ruh. Kecuali jika yang dimaksud adalah robot dalam bentuk boneka yang dikendalikan oleh komputer," ujar Ustadz Prof Utang Ranuwijaya saat dihubungi MNC Portal, Selasa 4 Januari 2022.

Lebih lanjut ia mengatakan, apabila pemiliknya merasa ada ruh di dalam boneka tersebut, maka bisa dipastikan bahwa ruh yang dimaksud adalah jin yang sedang memperdaya manusia.

Baca juga: MUI Angkat Bicara soal Boneka Arwah, Ini Penjelasan KH Cholil Nafis 

Selain itu, boneka yang dianggap dirasuki ruh tersebut sedang menipu dan memengaruhi pemiliknya, sehingga suatu saat pemiliknya bisa diperlakukan sesuai nafsu jin yang bersangkutan.

"Memang tidak semua jin itu tidak baik. Ada jin-jin yang baik, taat beragama. Tapi kita tidak tahu apakah yang masuk ke dalam boneka itu jin baik atau tidak baik. Jin Islam yang taat atau jin kafir," tuturnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Oleh karena itu, Ustadz Prof Utang mengatakan sebagai langkah preventif, perilaku memelihara jin dalam bentuk merawat boneka arwah itu hendaknya segera dihentikan. Sebelum nantinya terjerumus ke perbuatan syirik besar yang bisa membuat pemiliknya masuk ke neraka.

Kemudian, adapun rezeki yang didapat bisa dialihkan untuk merawat anak-anak yatim piatu. Manfaatnya jelas jauh lebih besar bagi kepentingan umat.

Baca juga: Muhammadiyah Tanggapi soal Boneka Arwah, Ustadz Faozan Amar: Lebih Baik Rawat Anak Yatim 

Sementara memelihara boneka arwah hanya menyia-nyiakan rezeki yang akhirnya bisa jadi justru akan membawa petaka, dan penderitaan yang kekal di akhirat.

"Segeralah bertobat, perbanyak istigfar dengan begitu semoga Allah Subhanahu wa ta'ala mengampuninya," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Viral Artis Miliki Boneka Arwah, Termasuk Perbuatan Syirik? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini