Share

Tren Adopsi Boneka Arwah, Buya Yahya: Mana Ada Pahalanya

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 330 2527508 tren-adopsi-boneka-arwah-buya-yahya-mana-ada-pahalanya-MkXMKWsVdN.jpg Buya Yahya menjelaskan hukum memelihara spirit doll atau boneka arwah. (Foto: Dok YouTube Buya Yahya)

BEBERAPA waktu belakangan viral fenomena artis-artis mengadopsi spirit doll atau boneka arwah yang mirip bayi manusia. Bukan lantaran bermain boneka, tetapi lebih kepada perlakuannya yang menganggap boneka itu seperti anak sendiri.

Terkait fenomena boneka arwah atau spirit doll tersebut, KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya memberikan nasihat, terutama untuk kaum Muslimin. Ia mengatakan tidak boleh Muslim dewasa dengan sengaja membeli atau memelihara boneka berwujud manusia.

Baca juga: Heboh Artis-Artis Adopsi Boneka Arwah, Ini Hukumnya Menurut Buya Yahya 

Ilustrasi spirit doll atau boneka arwah. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Viral Artis Miliki Boneka Arwah, Termasuk Perbuatan Syirik? 

"(Jika) Anda seorang Muslim, boneka dalam bentuk manusia kalau Anda di rumah punya untuk Anda yang dewasa, kalau Anda beli untuk yang dewasa, enggak boleh," tegas Buya Yahya, seperti dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV, Rabu (5/1/2022).

"Jika untuk anak kecil itu ada khilaf. Ini masalah hukum boneka. Itu tanpa embel-embel spirit dolls dan yang lainnya, hanya sekadar boneka," lanjut pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia mengatakan bahwa orang dewasa sebaiknya diberi hadiah yang lebih bermanfaat dibandingkan boneka. Buya pun turut menyayangkan tren memberikan hadiah berupa boneka yang dilakukan oleh kaum Muslimin.

Lewat video ceramahnya, Buya Yahya pun terdengar memberikan nasihat terkait adopsi boneka arwah. Ia bahkan mengimbau agar masyarakat, terutama Muslim, memilih mengadopsi anak-anak kurang mampu dibandingkan boneka yang jelas tidak memiliki pahala di dalamnya.

Baca juga: 5 Bintang Korea yang Memutuskan Masuk Islam, Nomor 1 Tegas Menolak Makanan Haram 

"Belilah yang bermanfaat. Kita ini punya iman. Dari segi keimanan tidak boleh kita meyakini yang begitu, boneka adalah boneka. Kalau untuk mencari keindahan, manusia normal adalah di saat dia bisa mendidik seorang anak meskipun bukan anaknya," papar Buya Yahya.

"Mengadopsi ya anak manusia dong. Daripada kita merawat boneka dengan jumlah banyak dan biaya besar, mana ada pahala di balik itu semua?" tandasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Tobat Bandar Narkoba Freddy Budiman, Ucapkan Tahlil Sebelum Ditembak Mati 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini